TikTok Menjadi Aplikasi Non-Game Terbanyak Diunduh di Dunia

Dwi Rahmadani . July 16, 2021

Foto : SwiftHeadline

Teknologi.id - TikTok memiliki pertumbuhan siginifikan dalam dunia sosial media. Tiktok terus mengejutkan pengguna dengan perkembangannya yang luar biasa.

Minggu lalu TikTok menjadi sorotan publik karena aplikasi ini menyalip YouTube di AS dan Inggris untuk waktu rata-rata per pengguna, per bulan, di Android pada Mei 2021.

Sebuah perusahaan analitik Sensor Tower baru-baru ini merilis peringkat unduhan aplikasi seluler global untuk bulan Juni, dengan TikTok dan Douyin sebagai unduhan aplikasi seluler non-game teratas di seluruh dunia dengan lebih dari 65 juta unduhan.

Hal ini membuat TikTok menjadi platform pertama yang bukan milik Facebook mencapai 3 miliar unduhan di seluruh dunia di iOS dan Android.

Tingkat adopsi TikTok semakin meningkat pada 2021, dengan unduhan pertama kali naik sebesar 2% dari kuartal keempat tahun 2020 ke kuartal pertama 2021 dengan angka 177,5 juta. Setelah itu, angka unduhan pertama kali TikTok naik sebesar 16% dari kuartal pertama 2021 ke kuartal kedua 2021 hingga 205,4 juta.

TikTok juga merupakan aplikasi non-game kelima yang memiliki 3 miliar penginstalan secara global dari seluruh App Store dan Google Play. Posisi 1 sampai empat ditempati oleh WhatsApp, Messenger, Facebook dan Instagram.

Menurut data dari Sensor Tower, TikTok mencapai hampir 318 juta pemasangan di seluruh dunia untuk pertama kalinya dan hampir $919,2 juta pengeluaran pengguna pada paruh pertama tahun 2021.

Tak hanya itu, aplikasi video pendek yang dikembangkan oleh ByteDance ini juga merupakan aplikasi dengan penghasilan tertinggi secara global pada paruh pertama 2021. Sejak peluncuran pertama pada tahun 2016 TikTok telah mengumpulkan lebih dari US$2,5 miliar pendapatan.  

Menurut Sensor Tower, TikTok adalah satu dari 5 aplikasi non-game yang menghasilkan pendapatan lebih dari US$2,5 miliar, termasuk Tinder, Netflix, YouTube, dan Tencent Video.

(DR)


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler