Teknologi di Film “Back to the Future II” yang Menjadi Nyata

Super Intern . November 04, 2020
Sumber: Mother Jones


Teknologi.id - Tiga puluh tahun sudah trilogy film “Back to the Future” selesai, setelah film terakhirnya “Back to the Future Part III” dirilis pada tahun 1990.

Trilogy ini walaupun sudah berusia lebih dari tiga dekade, nyatanya masih sering ditonton dan dijadikan referensi berbagai kalangan pecinta genre Sci-Fi.

Salah satunya yang paling menginspirasi yakni pada Back to the Future Part II. Terdapat gambaran tahun 2015, di mana karakter utama film ini, yaitu Marty McFly melakukan perjalanan waktu 30 tahun ke depan dari tahun 1985.

Karena film “Back to the Future Part II” memberikan waktu secara spesifik tentang masa depan yang mereka tuju, banyak penggemar yang menonton ulang untuk melihat perbandingan antara prediksi film tersebut dengan kenyataannya.

Berikut adalah teknologi-teknologi pada film “Back to the Future Part II” yang menjadi kenyataan.

Baca juga : Bukalapak Terima Suntikan Dana Rp 1,46 T dari Microsoft

Teknologi di Film “Back to the Future II” yang Menjadi Nyata

1. TV Layar Datar dan Konferensi Video

Sumber: The Daily Edge


Sejak memasuki tahun 2010-an, layar TV sudah cenderung dalam bentuk datar dibandingkan cembung. Dalam film tersebut, terdapat adegan di mana Marty sedang berbicara dalam konferensi video di dalam layar TV datar. Di sini selain membenarkan tentang layar TV datar, di masa sekarang juga sudah ada konferensi video seperti Skype.

2. Facial Recognition

Sumber: Liputan 6


Teknologi untuk mengidentifikasi wajah seseorang, yang kita kenal sebagai Facial Recognition, saat ini sudah lumrah digunakan dalam kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Seperti untuk membuka kunci HP, cukup kita dekatkan wajah ke layar, dan HP pun akan terbuka otomatis.

Di dalam film tersebut, ada adegan di film kedua yang menunjukkan bahwa teropong milik Doc Brown dapat mengetahui identitas seseorang hanya dengan memindai wajah orang tersebut.

3. Pembayaran Online

Sumber: Stack Exchange Network


Saat ini, dalam melakukan pembayaran sudah tidak perlu datang ke bank lagi. Dengan melalui online, atau yang biasa disebut “online banking payment”, kita bisa langsung mentransfer uang tersebut. Dan di dalam film ini ada suatu adegan Marty mendonasikan uang untuk menyelamatkan menara jam bersejarah melalui pembayaran nirkable.

4. Drone

Sumber: BBC


Untuk mengambil gambar atau video dari tempat yang tinggi, kita sering menggunakan drone agar hasilnya bagus. Selain itu, mesin ini sering juga digunakan di bidang militer. Drone juga diprediksi oleh film “Back to the Future II”, karena ada suatu adegan di mana drone mengajak anjing jalan-jalan. Mesin tersebut dikendalikan oleh pemilik anjing.

Baca juga : Percuma Gaji Gede, Kalau Baru Di-PHK, Keluarga Hampir Mati!

5. Sepatu yang Mengikat Sendiri

Sumber: IDN Times


Salah satu teknologi yang dinanti-nantikan masyarakat untuk terjadi dalam film tersebut adalah sepatu yang dapat mengikat talinya sendiri, yakni sepatu yang digunakan Marty bernama Nike MAG (Magnetic Anti Gravity).

Sepatu ini sudah hadir saat ini dan dinamakan Nike Adapt BB, dan selain bisa mengikat talinya sendiri, sepatu ini juga dapat mengencangkan tali sepatu sesuai keinginan pengguna.

6. Gambar 3D

Sumber: Liputan 6


Menonton film di bioskop saat ini bisa dengan fitur 3D. Di mana kita seolah-olah melihat kejadian dalam film secara langsung dengan menggunakan kacamata 3D. Ada suatu adegan di mana Marty tercengang saat hologram 3D film “Jaws” seolah-olah akan memakannya pada papan iklan di atas gedung.

7. Sidik Jari

Sumber: The Daily Edge


Selain Facial Recognition, kehidupan kita juga terlibat dengan sidik jari. Untuk membuka kunci HP, cukup dengan menekankan sidik jari kita, maka kunci HP akan terbuka. Bahkan saat ini ada juga yang menggunakan sidik jari untuk membuka pintu rumah mereka.

Sama seperti di film “Back to the Future II”, ada adegan di mana istri masa depan Marty menggunakan sidik jarinya untuk membuka pintu rumah mereka.

Baca juga : Advan G9 Resmi Meluncur, HP Gaming Terjangkau

(mm)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler