Penyebab Layar HP Bergerak Sendiri dan Cara Mengatasinya

Teknologi.id . August 20, 2020

Foto: The Sun

Teknologi.id - Canggihnya teknologi smartphone (HP) yang terus diperbarui dari waktu ke waktu tidak lantas meninggalkan kelemahan-kelemahan yang juga terus beradaptasi dengan kecanggihan tersebut.

Salah satunya adalah masalah pada layar HP yang sering tiba-tiba bergerak-gerak sendiri. Tak hanya bergerak ke kanan kiri atas atau pun bawah, terkadang layar bahkan memencet kesana kemari dengan pola yang acak.

Hal tersebut tentunya akan sangat merepotkan bilamana terjadi ketika kamu sedang melakukan sesuatu yang cukup penting menggunakan HP-mu atau bahkan memencet-mencet acak dan mengakibatkan hal-hal tak diinginkan seperti terhapusnya file atau aplikasi tertentu.

Penyebabnya sendiri yang paling umum adalah adanya bug pada firmware, overheating atau kepanasan, kerusakan baterai, kerusakan layar LCD, hingga screen protector yang kotor atau berdebu.

Nah, bagi kalian yang tengah menghadapi permasalahan tersebut atau ingin mengantisipasi bila hal tersebut terjadi pada HP kalian, berikut ini cara mengatasi layar HP bergerak sendiri.

Baca juga: Cara Melihat Last Seen WhatsApp yang Disembunyikan

Cara Mengatasi Layar HP Bergerak Sendiri

1. Matikan beberapa saat

Foto: AndroGuru

Salah satu penyebab layar HP bergerak sendiri adalah karena HP terlalu panas atau overheating yang biasanya disebabkan terlalu banyak aplikasi yang dibuka.

Aktivitas multitasking ini memang kerap sekali menimbulkan masalah, mulai dari baterai boros, performa lemot, hingga gangguan-gangguan lainnya, seperti layar hp bergerak sendiri dan susah diatur.

Untuk mengatasi layar yang bergerak sendiri tersebut, cobalah mematikan perangkat terlebih dahulu hingga beberapa menit sebelum menghidupkannya kembali. Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan di HP.

2. Ganti baterai

Baterai yang rusak juga bisa menjadi penyebab layar HP bergerak sendiri. Selain itu, dalam beberapa kasus, baterai yang menggembung juga bisa menyebabkan panel layar LCD tertekan sehingga mengakibatkan layar bergerak sendiri atau bahkan tak bisa digerakkan sama sekali.

Untuk itu, cobalah mengganti baterai HP-mu dengan baterai baru yang lebih sehat dan tentunya tidak menggembung agar fungsi layar kembali normal seperti sedia kala.

Baca juga: Cara Akses YouTube Premium Gratis Selamanya!

3. Ganti charger

Foto: LifeWire

Ada beberapa kasus dimana layar HP akan bergerak sendiri ketika menggunakan charger abal-abal atau charger yang bukan bawaan original dari HP-mu. 

Namun selain itu, charger bawaan original yang sudah rusak, misalnya jack yang longgar, juga disebut-sebut bisa menyebabkan kerusakan layar sehingga bergerak-gerak sendiri.

Solusinya, tentu membeli charger baru yang sesuai tipe HP-mu atau bisa juga charger lain yang berkualitas bagus.

4. Factory reset

Ketika sistem operasi HP-mu terganggu karena terdapat bug, operasional perangkat pun akan mengalami masalah-masalah beragam. Salah satu contohnya layar HP yang bergerak-gerak sendiri tanpa disentuh.

Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan factory reset, alias reset pabrik, yang memungkinkan HP kalian kembali ke pengaturan awal pabrik selayaknya HP baru.

Perlu diingat, dengan melakukan factory reset berarti seluruh data-data kalian juga akan terhapus. Pastikan terlebih dahulu mencadangkan data sebelum melakukan factory reset.

5. Bersihkan screen protector

Foto: Review Geek

Screen protector alias pelindung layar sejatinya dapat melindungi layar HP dari resiko tergores, pecah, atau kemasukan kotoran.

Namun, apa jadinya bila pemasangan screen protector tersebut asal-asalan? Bisa jadi screen protector yang harusnya melekat rapat pada layar, karena pemasangannya asal-asalan sehingga menimbulkan celah yang bisa membuat kotoran masuk dan menyebabkan layar bergerak-gerak sendiri tanpa disentuh.

Baca juga: Cara Mudah Tonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain Untuk Android

Solusinya? Tentu melepas dan membersihkan screen protector atau bahkan menggantinya dengan yang baru. Pastikan screen protector yang baru terpasang dengan benar sehingga tidak terdapat celah yang memungkinkan kotoran masuk.

6. Bawa ke tempat servis

Bila dirasa layar HP yang bergerak-gerak sendiri tidak kunjung bisa teratasi, sebaiknya kamu segera membawanya ke tempat servis.

Bisa ke tempat servis resmi atau ke tempat servis lainnya. Keunggulannya di tempat servis resmi, kamu bisa menggunakan garansi HP yang masih berlaku, karena bila kerusakan layar cukup parah, tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler