Nvidia Buat GPU Khusus untuk Penambang Kripto Bernama CMP

Fabian Pratama Kusumah . February 22, 2021

Foto: Notebook Check

Teknologi.id – Saat ini penambangan kripto (mata uang digital) seperti Bitcoin, Ethereum, ataupun Doge membuat kartu grafis buatan Nvidia menjadi langka di pasaran karena diborong oleh miner.

Nvidia membuat langkah, yaitu membuat GPU model lawas agar ketersediaan di pasar semakin banyak pilihan, tetapi hal tersebut tidak berjalan lancar.

Akhirnya, Nvidia memilih mengeluarkan chip terbaru yang dikhususkan untuk penambang kripto. Nama chip tersebut adalah “Cryptocurrency Mining Processor" atau disingkat CMP.

Baca juga: Cara Menambang Ethereum "The Next Bitcoin"

Ada empat model CMP yang diperkenalkan secara serentak. Dua di antaranya diluncurkan pada kuartal pertama 2021 yaitu Nvidia CMP 30HX dan 40HX.

Sedangkan dua lainnya yaitu Nvidia CMP 50HX dan 90HX akan menyusul pada kuartal kedua 2021.

"Produk CMP dijual melalui rekanan dan dioptimalkan untuk kinerja dan efisiensi mining terbaik. Mereka tak memenuhi spesifikasi GPU GeForce dan karena itu tak akan mempengaruhi ketersediaan GPU GeForce untuk gamer," tulis Nvidia dikutip dari Kompas hari Senin 22 Februari 2021.

Baca juga: Cara Upgrade VGA Laptop Tanpa Bongkar Motherboard, Gampang!

Nvidia CMP 30HX, 40HX, 50HX, dan 90HX memiliki kinerja hashrate berbeda-beda. Nantinya, produk-produk dengan chip khusus penambang ini akan dijual dengan menggandeng perusahaan lain seperti Asus, Colorful, EVGA, Gigabyte dan MSI.

Belum jelas bentuk CMP nanti seperti apa, tetapi Nvidia menjanjikan bahwa CMP bisa dipasang di "bracket terbuka yang dioptimalkan untuk sirkulasi udara" untuk meredam panas.

Sebuah CPU nantinya bisa mengendalikan banyak CMP sekaligus. Berikut tabel spesifikasi dari keempat CMP tersebut.

Foto: Notebook Check

Baca juga: Pandemi Buat Warnet Ini Berubah Jadi Tambang Bitcoin

Untuk mencegah para miner memborong kartu grafis Nvidia khususnya seri GeForce RTX 3060 keatas, Nvidia sengaja mengurangi kemampuan hashrate hingga 50 persen.

Dengan adanya CMP, diharapkan GeForce RTX 3060 keatas nantinya tidak sulit ditemukan di pasaran, khususnya bagi gamer yang memang membutuhkan GPU  tersebut yang memang dirancang untuk game kelas berat.

Tingginya permintaan GPU karena cryptocurrency mining yang sedang booming memang dimanfaatkan Nvidia, sehingga dibuatlah CMP yang lebih cocok digunakan untuk kebutuhan tersebut.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler