Ini Cara Atur Wallpaper Berbeda di Tiap Chat Room WhatsApp

Rima Fidayani Rizki . December 07, 2020

Foto: MacRumors

Teknologi.id - Wallpaper atau gambar latar belakang memang membuat tampilan chat room (ruang obrolan) WhatsApp menjadi semakin menarik. Jika bosan dengan wallpaper yang sedang digunakan, pengguna bisa menggantinya dengan wallpaper lain.

Tetapi, biasanya satu wallpaper yang dipakai untuk dijadikan latar belakang akan ditampilkan di semua chat room. Artinya, pengguna tidak bisa memasang wallpaper yang berbeda untuk chat room tertentu. 

Nah, untuk menjawab kegalauan tersebut, kini WhatsApp punya fitur baru yang membuat pengguna bisa memasang wallpaper yang berbeda-beda untuk setiap chat room, baik chat room personal maupun grup. Tidak hanya itu saja, lewat fitur yang tersedia bagi WhatsApp versi Android dan iOS ini, pengguna juga bisa mengubah warna dan mengkreasikan wallpaper tersebut sebelum dipasang.

Baca Juga: Cara Melihat Status WA Secara Anonim Tanpa Aplikasi Tambahan

Selain itu, WhatsApp turut memberikan pilihan wallpaper baru dengan warna cerah, warna gelap, opsi wallpaper custom, dan varian warna solid. Pengguna juga bisa membedakan wallpaper untuk mode gelap maupun terang. 

Canggihnya lagi, fitur baru ini dapat tersinkronisasi dengan sistem di ponsel. Jika pengguna mengaktifkan mode gelap di ponselnya, wallpaper pun ikut beralih ke mode gelap, begitupun sebaliknya. Lalu, jika ingin kembali menggunakan wallpaper lama, tinggal pilih gambar sebelumnya dari Wallpaper Archive (arsip).

Berikut ini cara untuk mengatur wallpaper berbeda di tiap chat room di versi Android.

1. Buka aplikasi dan pilih chat room yang ingin dikustomisasi (chat room pribadi maupun grup).
2. Ketuk menu dengan simbol 'tiga titik' di bagian atas chat.
3. Pilih 'Wallpaper' dan cari wallpaper yang disuka.

Untuk versi iOS, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi WhatsApp dan pilih chat room yang ingin diganti wallpaper-nya (chat room pribadi maupun grup).
2. Ketuk nama kontak atau grup tersebut di bagian atas layar.
3. Pilih 'Wallpaper & Audio' dan pilih wallpaper yang disuka.

Baca Juga: Pengguna Takkan Bisa Akses WhatsApp Tahun Depan, Jika...

Belum terdapat informasi lebih lanjut apakah fitur ini nantinya juga tersedia di WhatsApp versi desktop atau tidak. Untuk sementara, fitur ini baru tersedia untuk WhatsApp versi mobile di Android dan iOS. Pihak Facebook berkata jika fitur ini dirilis secara bertahap kepada semua pengguna.

(rf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler