Game Sepakbola PES Resmi Dihapus Konami, ini Gantinya

Fabian Pratama Kusumah . July 22, 2021

Foto: Konami

Teknologi.id - Konami resmi mengumumkan eFootball sebagai pengganti Pro Evolution Soccer atau PES yaitu salah satu game sepakbola yang terkenal di dunia.

Bahkan tidak hanya mengubah nama saja, Konami turut meninggalkan sistem lama dan beralih ke digital sepenuhnya. eFootball pun dipastikan akan menjadi game gratis untuk dimainkan.

eFootball memakai game engine yang berbeda dari PES. Bukan lagi Fox Engine, Konami resmi beralih ke Unreal Engine 4.

"Dimulai dengan fondasi kuat dari Unreal Engine, yang memungkinkan kami untuk merombak ekspresi pemain secara besar-besaran.”

“Kami telah membuat sejumlah modifikasi untuk membuat mesin permainan sepak bola baru secara virtual yang akan menggerakkan eFootball yang akan datang," kata Seitaro Kimura, sang produser, dikutip dari Detik hari Kamis 22 Juli 2021.

Baca juga: Dianggap Menyesatkan Amazon Minta Apple Hapus Aplikasi Ini

eFootball ditargetkan akan dirilis musim gugur tahun ini atau sekitar bulan September atau Oktober di PC dan semua konsol, yakni PS5, PS4, Xbox Series X/S, dan Xbox One. Menyusul kemudian di perangkat mobile, baik iOS maupun Android.

Selanjutnya pada akhir tahun nanti eFootball bakal bisa dimainkan lintas platform. Jadi mereka yang memainkan di ponsel dapat melawan gamer yang bermain game ini di konsol atau PC, syaratnya harus memainkannya dengan stik atau kontroler.

Saat dirilis nanti, eFootball akan hanya menyediakan laga dengan cuma 9 klub, di antaranya Barcelona,Bayern Munich, Juventus, Manchester United, dan Arsenal.

Kemudian, Konami bakal meluncurkan versi berbayar sehingga memberikan pemain kebebasan untuk membangun timnya sendiri dan mengikuti liga online.

Akibat dari keputusan ini, RIP PES tengah bergema di media sosial seperti Twitter. Ini wujud kesedihan netizen seantero dunia yang mengenang game sepakbola legendaris tersebut.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler