Empat Langkah Riset Content Marketing yang Efektif

Muhammad Iqbal Mawardi . January 05, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Riset adalah langkah penting yang harus dilakukan dalam penyusunan strategi awal sebuah content marketing.

Riset yang baik dan menyeluruh akan jadi pijakan kuat yang dapat membuat kegiatan content marketing menghasilkan hasil yang ditargetkan, atau bahkan melampauinya.

Empat hal penting yang mesti diperhatikan saat melakukan riset untuk kegiatan content marketing

Audiens

Audiens merupakan kunci utama bagi siapa saja yang tengah merancang sebuah program pemasaran lewat optimalisasi konten. Penting untuk dapat mengenali siapa audiens kita dengan baik.

Mulai dari mengidentifikasi keseharaian dari audiens, apa saja hal yang audiens anggap sebagai masalah dalam keseharian, dan bagaimana cara audiens mencari informasi untuk mengatasi berbagai persoalan tersebut.

Tidak berhenti disana, di tahap mengurai perilaku audiens kita juga bisa mencari  informasi terkait perspektif atau penilaian mereka akan sebuah brand atau produk tertentu. Hal apa saja yang memengaruhi pandangan audiens, hingga jejak perilaku audiens sampai bisa memutuskan untuk membeli atau mengonsumsi sebuah produk.

Kompetitor

Setelah memetakan perilaku dari audiens, hal selanjutnya yang mesti dilakukan pada sebuah riset strategi content marketing yakni melakukan analisa taktik pada kompetitor.

Hal ini bertujuan untuk memahami seberapa kuat taktik konten yang dijalankan oleh kompetitor. Dengan itu, kita dapat merencanakan taktik yang lebih efisien dan disukai oleh audiens, atau bahkan memberikan hal baru yang tidak ditawarkan oleh kompetitor sebelumnya.

Kita dapat menganalisis mulai dari medium yang digunakan oleh kompetitor, format kompetitor dalam menyampaikan pesan pada audiens, teknik distribusi, hingga bagaimana respon audiens atas produk yang dihasilkan oleh kompetitor.

Baca juga: Berkenalan dengan Profesi Content Researcher

Medium

Terkait dengan medium, hal ini sebetulnya merupakan perpanjangan dari temuan tentang perilaku konsumsi media dari audiens guna mencari informasi terkait hal yang audiens anggap dapat mengatasi masalah mereka sehari-hari.

Namun kita juga mesti memetakan seperti apa tipe medianya, apakah ada faktor figur yang berpengaruh atas audiens, dan bagaimana interaksi dilakukan kompetitor pada sasaran audiens di media-media tertentu.

Tren

Hal terkahir yang tak kalah penting dari 3 hal sebelumnya ada tren. Penting bagi kita untuk melakukan riset data terkait tren apa yang tengah menarik di tengah audiens.

Kita dapat memetakan tren ini dengan berbagai hal. Misalnya, tren apa yang tengah hangat dibicarakan oleh sasaran audiens? Atau, topik apa yang sekiranya dapat menarik perhatian dari audiens?

Melalui riset dari tren yang tengah hangat di audiens ini, kita dapat mengetahui apa yang sebenernya ingin diketahui oleh audiens hingga membuat mereka penasaran. Lalu, kita bisa kaitkan tren tersebut dengan produk yang akan kita jajakan pada audiens.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar