Dubai Pakai Drone Bikin Hujan Buatan, Berapa Harganya?

Fabian Pratama Kusumah . July 22, 2021

Foto ilustrasi: Vertical Magazine

Teknologi.id - Seperti negara Arab lainnya, Uni Emirat Arab atau UEA juga memiliki masalah terkait curah hujan yang rendah. Beragam cara ilmiah mereka lakukan demi menghasilkan hujan buatan.

Kini, UEA akan berupaya memanfaatkan kemampuan drone Inggris. Peneliti Inggris kabarnya telah dihubungi oleh UEA untuk mengeksplorasi cara-cara untuk menginduksi curah hujan dengan menggunakan drone yang memancarkan listrik ke awan.

Operasi penyemaian awan adalah bagian dari misi berkelanjutan untuk menghasilkan curah hujan di negara Timur Tengah, yang memiliki curah hujan rata-rata hanya empat inci.

Operasi penyemaian awan bekerja melalui pesawat berawak yang menembakkan bahan kimia, seperti perak iodida ke awan untuk menyebabkan peningkatan curah hujan.

Drone telah dirancang khusus untuk membawa sejumlah komponen yang bisa menghasilkan dan menembakkan listrik ke atmosfer.

Baca juga: Ini Keunggulan Checkmate, Jet Tempur Siluman Milik Rusia

"Dilengkapi dengan muatan instrumen emisi listrik dan sensor khusus, drone ini akan terbang di ketinggian rendah dan mengirimkan muatan listrik ke molekul udara, yang diharapkan bisa mendorong presipitasi," kata Al-Mazroui seperti dilansir Arab News.

The National melaporkan, hujan deras menyebabkan air terjun muncul di kota Al Ain dan membuat kondisi mengemudi berbahaya.

UEA menginvestasikan 15 juta dolar AS dalam sembilan proyek pembuatan hujan yang berbeda pada 2017, dilansir Syara dari laman Independent, Kamis (22/7/2021).

Satu sistem yang akan diuji coba di UEA menggunakan drone untuk menembakkan muatan listrik ke awan untuk meningkatkan curah hujan.

Proyek ini dipimpin oleh para peneliti di University of Reading di Inggris.

Profesor Maarten Ambaum, yang mengerjakan proyek tersebut, mengatakan kepada BBC pada Maret bahwa UEA memiliki awan yang cukup untuk menciptakan kondisi yang kondusif untuk hujan.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler