Deretan Peralatan Militer Canggih yang Justru Tidak Berguna

Muhammad Iqbal Mawardi . February 09, 2021

Foto: Amusing Planet

Teknologi.id – Kehadiran teknologi di bidang militer tentu menghadirkan dampak positif. Berbagai jenis peralatan militer canggih tercipta melalui bantuan teknologi.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Namun, tak jarang inovasi yang dihadirkan melalui teknologi tidak berjalan mulus di bidang militer. Akan selalu ada “produk gagal” dari setiap peralatan militer yang tercipta melalui dukungan teknologi.

Berikut, 5 peralatan militer canggih yang tidak berguna dalam perang yang justru menjadi produk gagal.

Corkscrew Tank

Tank ini dirancang memiliki roda bor besar yang ditujukan agar dapat melewati medan jalan yang buruk, seperti bebatuan. Proyek senjata garapan Rusia ini tidak jadi digarap dikarenakan tank tersebut malah tidak dapat melewati medan yang layak dan terlalu lambat berjalan.

Cybernetic Walking Machine

Foto: Cyber Natic Zoo

Jika kamu mengira ide robot baru ada beberapa dekade belakangan ini, hal tersebut adalah keliru. Kenyataannya pada 1968, pria bernama Ralph Mosher mencoba membuat kendaraan yang menyerupai robot.

Tujuan mesin ini adalah untuk membawa persenjataan kelas berat melewati medan yang susah Namun, benda ini justru tidak pernah dibuat. Robot ini tidak pernah diproduksi, tetapi prototipenya bisa ditemukan di U.S. Army Transportation Museum.

Baca juga: Teknologi Militer Canggih yang Akan Hadir di Masa Depan


Focke-Wulf Triebfluegel

Foto: The Modeling News

Pada saat Perang Dunia II, Jerman memiliki segudang ide kreatif yang dapat dikatakan di luar nalar. Tak hanya sekadar ingin memiliki pesawat saja, saat itu Jerman menginginkan lebih dari sekadar senjata udara. Dari situlah tercipta Focke-Wulf Triebfluegel.

Namun pada kenyataannya, desain roket ini terlalu sulit untuk dapat didaratkan di tanah dikarenakan baling-balingnya yang menyatu pada badan roket.

Scooter-mounted Cannon

Foto: Pinterest

Kendaraan ini digunakan oleh prajurit Prancis pada saat perang Vietnam. Inovasi dengan menggabungkan skuter dengan meriam ini adalah buntut dari permasalahan keuangan Prancis yang pada saat itu sedang terbatas dalam memenuhi senjata.

Pada saat itu, skuter ini digunakan oleh para prajurit paralayang. Namun karena perlindungan minimalis dari skuter ini membuat kendaraan ini perlahan tak pernah dipakai kembali.

Russian Tsar Tank

Foto: Amusing Planet

Desain dari kendaraan ini terinspirasi dari model sepeda pada zaman dulu. Pada saat itu, militer Rusia beranggapan desain dari kendaraan perang ini sangatlah aman dan efektif. Namun sayangnya, penggarapan kendaraan perang tersebut mengalami miskalkulasi. Berat roda tank tersebut tidak benar sehingga mengakibatkan tank tersebut menjadi tidak stabil.

(MIM)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler