Cara Screenshot Panjang di Semua Ponsel Android

Foto: Techpiration

Teknologi.id – Fitur screenshot adalah salah satu fitur penting yang dibutuhkan pengguna smartphone.  Screenshot berguna untuk menyimpan file berupa pesan, foto atau laman web yang menurut kita menarik tanpa harus mengunduhnya.

Jadi pada artikel kali ini Teknologi.id akan menjelaskan tutorial bagaimana caranya screenshot panjang di semua ponsel Android. Kini kamu tidak perlu lagi repot untuk screenshot konten panjang (misalnya satu laman web) berkali-kali, karena cukup dengan sekali screenshot, sudah bisa mencakup seluruh konten panjang tersebut.

Simak cara screenshot selengkapnya di bawah ini.

Cara Screenshot Panjang di Semua Ponsel Android

Fitur screenshot selama ini hanya mampu menangkap dan mengambil konten yang saat itu terlihat pada layar. Untuk bisa melakukan screenshot panjang di Android, kamu perlu menggunakan dua aplikasi di bawah ini:

1. LongShot

Aplikasi LongShot dapat membantu kamu membuat screenshot panjang. Khusus dibuat memang untuk membuat screenshot panjang, penggunaanya juga terbilang cukup simpel. Berikut tutorialnya.

1. Pertama download aplikasi Longshot di Google Play Store. Aplikasi ini dapat di download secara gratis.

2. Jika sudah selesai di download, langkah selanjutnya adalah buka aplikasi Longshot.

3. Berikutnya klik “Tangkap Halaman Web”. Nanti Longshot akan membuka semacam browser bawaan dari Longshot.

4. Kalau browser bawaan Longshot sudah terbuka. Segera masukkan url web di kolom yang telah disediakan. Berikut ini adalah tampilan Longshot saya ketika membuka web Teknologi.id.

5. Kalau sudah gulir ke bawah hingga ke ujung website. Kemudian klik tombol oranye bertuliskan “Akhiri di sini dan tangkap layar”.

6. Kemudian Longshot akan menampilkan hasil screenshot dari web yang kamu inginkan tersebut. Screenshotnya akan panjang, tergantung dari panjang halaman web yang kamu kunjungi tadi. Berikut ini contohnya.

Fitur-fitur lain yang tersedia di aplikasi LongShot antara lain menggabungkan beberapa screenshot menjadi satu kesatuan yang memanjang, auto capture screenshot saat kita melakukan scrolling atau menggeser layar, mengambil screenshot laman web yang panjang hanya dengan 2 kali klik, hingga tidak adanya watermark pada hasil screenshot.

Baca juga: Cara Root Android Menggunakan KingRoot, dengan PC dan Tanpa PC

2. Scroll Capture

cara-screenshot-panjang-2

Aplikasi yang satu ini juga tak kalah mudahnya dengan LongShot. Setelah menginstal aplikasi Scroll Capture, kamu cukup langsung menuju laman web atau konten yang ingin kamu screenshot. Selanjutnya, cukup dengan menekan ikon capture, jadilah screenshot panjang yang kamu inginkan.

Bagimana, mudah bukan?

Itulah cara screenshot panjang di semua ponsel Android. Sekarang, kamu gak perlu bingung dan repot lagi untuk menyimpan konten panjang karena sudah bisa melakukannya hanya dengan screenshot. Selamat mencoba!

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *