Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi

Teknologi.id – Banyak orang yang menggunakan smartphone Android mereka untuk menyimpan hal-hal pribadi, entah foto atau video yang tidak ingin dilihat orang lain ketika mereka meminjam ponselnya atau mungkin file pribadi yang di dalamnya terdapat informasi penting?

Nah di artikel ini akan dibahas cara menyembunyikan file di Android tanpa aplikasi dengan sangat aman dan tidak akan bisa di akses oleh orang lain.

Cara Menyembunyikan File di Android Tanpa Aplikasi

Cara ini sebenarnya yang paling sederhana dan paling mudah. Sistem Android di desain untuk bisa membaca semua folder yang ada dalam file manager.

Kita hanya perlu mengakali sistem tersebut agar file yang ingin kita sembunyikan tidak terbaca di galeri maupun aplikasi lain.

Kamu hanya perlu membuat satu folder khusus untuk menyimpan semua file foto atau video yang ingin kalian sembunyikan.

Kasih nama folder khusus tersebut dengan awalan titik (.) Misalnya, sobat membuat folder dengan nama “Hidden” maka, harus ada awalan titik (.) di folder itu. Jadinya seperti ini “.Hidden”.

Folder hidden

Setelah folder jadi, masukan semua file yang ingin di hidden ke folder tadi. Dengan begitu, sobat tidak akan menemukan file tersebut dalam Gallery, pemutar video, bahkan dalam file manager sekalipun.

Cara menyembunyikan file di Android ini bisa digunakan untuk kitkat, lolipop ataupun ICS. Dan yang pasti, cara ini tanpa menggunakan aplikasi pihak ke tiga.

Jika kamu ingin membuka file yang sudah di hidden tadi, kamu tinggal masuk ke file manager → Klik icon tiga titik yang ada di kanan atas → Lalu hilangkan tanda centang pada “Sembunyikan file sistem”, maka file yang sudah di sembunyikan tadi akan muncul kembali dalam file manager.

Senbunyikan file di android

Cara yang sederhana ini bisa sobat gunakan jika tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, mudah bukan?

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending