Cara Mengatasi Fingerprint Susah Buka Kunci HP

Teknologi.id . October 20, 2020


Foto: uenicdn.com


Teknologi.id - Beberapa tahun belakangan, sistem keamanan pada perangkat smartphone (HP) semakin diperketat, mulai dari penggunaan password, PIN, sensor pengenalan wajah, sampai pemakaian sensor sidik jari (fingerprint)

Desain fitur keamanan yang disebutkan terakhir, yakni sensor fingerprint, saat ini umumnya diletakkan di belakang layar, di samping layar, atau pun di dalam layar itu sendiri. Dengan meletakkan salah satu jari yang telah didaftarkan oleh pemilik HP pada panel scanner fingerprint, seketika sistem penguncian yang melindungi akses perangkat HP pun terbuka.

Namun, di balik kecanggihan sistem keamanan fingerprint tersebut, rupanya banyak juga yang mengalami masalah saat membuka kunci HP menggunakan sensor fingerprint. Masalah yang terjadi umumnya adalah susahnya deteksi fingerprint, sehingga pengguna harus berkali-kali menempelkan jarinya pada scanner sebelum akhirnya kunci HP bisa terbuka.

Masalah sepele memang, tapi tentunya akan sangat merepotkan bila kita sedang harus buru-buru membuka HP karena suatu hal penting, namun harus terhambat karena susahnya membuka kunci fingerprint di HP.

Nah, bagi kalian yang juga mengalami permasalahan serupa, jangan khawatir, berikut ini Teknologi.id rangkum beberapa cara mengatasi fingerprint susah buka kunci HP agar kembali lancar.

Baca juga: Tips Melindungi Password dan Data Pribadi

Cara Mengatasi Fingerprint Susah Buka Kunci HP

1. Bersihkan jari kalian


Wiping Female Hands By Baby Stock Footage Video (100% Royalty-free) 8841178  | ShutterstockFoto: Shutterstock


Fingerprint tidak bisa mendeteksi sidik jari karena mungkin jari-jari kalian berkeringat atau ada minyaknya. Jadi, pastikan sidik jari memang benar-benar bersih dan tidak ada noda.

2. Bersihkan scanner fingerprint


Foto: Gudstory


Selain sidik jari kalian yang harus bersih, kalian juga harus memastikan scanner fingerprint-nya bersih, jika perlu dilap bersih menggunakan kain sehingga fingerprint bisa berfungsi dengan baik.

3. Registrasi ulang fingerprint


Huawei Mate 10 - How to Setup Fingerprint Scanner to Perform Multiple Tasks  - YouTube
Foto: YT/Shaan Haider


Jika cara-cara di atas belum juga berhasil maka langkah selanjutnya yaitu melakukan registrasi ulang sidik jari kalian. Pastikan untuk melakukan registrasi ulang lebih dari satu sidik jari untuk mendukung keakuratan sensor fingerprint di HP, berikut ini caranya:

Untuk meregistrasi sidik jari lebih dari satu di smartphone Android, simak cara berikut ini.

Settings -> Security -> Fingerprint -> masukkan PIN atau pattern -> Add Fingerprint.

Jika langkah di atas tidak kamu temukan, ikuti cara berikut ini.

Settings -> Lock screen & password -> Manage fingerprints -> masukkan PIN atau pattern -> Add fingerprint.

Baca juga: Cara Agar WhatsApp Centang Satu Walaupun Kita Online

4. Restart HP


Samsung J7 Force Restart Instructions | Tom's Tek Stop
Foto: Tom's Tek Stop


Masih belum berhasil? Kalian bisa menggunakan cara reboot atau restart sistem pada HP kalian. Cara ini memungkinkan perangkat agar bisa kembali fresh. Fingerprint mungkin tidak berfungsi dengan baik karena sistem kerja yang terlalu berat atau pun memory RAM yang penuh sehingga overload.

5. Factory Reset


How to Wipe Your Android Phone or Tablet Properly | Digital Trends
Foto: Digital Trends


Cara terakhir alias cara pamungkas ini merupakan cara umum yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada pada HP baik Android maupun iPhone, termasuk mengatasi fingerprint susah buka kunci HP.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan untuk melakukan back up pada data-data HP kalian karena factory reset selain mengembalikan perangkat ke setelan pabrik juga menghilangkan seluruh data yang tersimpan.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler