Cara Menambah RAM Laptop Biar Performa Makin Ngacir

Teknologi.id . June 25, 2020

cara menambah RAM laptop

Foto: Windows Central

Teknologi.id - Salah satu pertimbangan untuk membeli laptop baru adalah kapasitas RAM yang besar. Hal ini cukup wajar, karena memang saat ini beragam software aplikasi dan game di laptop semakin menuntut spesifikasi minimum dengan RAM yang cukup besar pula.

Namun, biasanya laptop dengan kapasitas RAM yang besar mempunyai banderol harga yang cukup besar pula, meskipun spesifikasi yang ditawarkan tidak jauh berbeda dari laptop lamamu.

Nah, untuk itu, alih-alih membeli laptop baru untuk mendapatkan RAM yang lebih besar, kamu alokasikan saja dananya untuk menambah kapasitas RAM di laptop lamamu. Berikut ini cara menambah RAM laptop biar performa makin kencang dan ngebut, gampang banget loh!

Cara Menambah RAM Laptop

Sebelum membeli dan menambah kapasitas RAM laptop, pastikan dulu terdapat slot kosong di laptopmu. Selain itu, kamu harus mengetahui tipe slot apa yang ada di laptopmu, entah itu DDR2, DDR3 atau DDR4, masing-masing memiliki pin yang berbeda sehingga harus sesuai. Setiap keping RAM memiliki tipe yang berbeda, tergantung dari kapasitas, transfer rate, dan merk.

1.Beli RAM

Kamu bisa membeli RAM baru atau pun bekas. Pastikan membeli RAM dengan tipe slot yang sama pada laptopmu. Perhatikan pula tipe-tipe RAM yang akan dibeli, karena setiap keping RAM memiliki tipe yang berbeda, tergantung dari kapasitas, transfer rate, dan merk.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Tidak Bisa Konek Internet Meski Data Seluler Aktif

2. Bongkar Laptop

Umumnya cara membongkar masing-masing laptop itu berbeda-beda, tergantung jenis laptop apa yang kamu gunakan. Kamu bisa mencari cara membongkar laptop di internet atau dengan mencari video panduan di YouTube.

3. Temukan Slot RAM

Jika sudah mendapatkan panduan membongkar laptop yang tepat, mulai bongkar laptop kamu hingga menemukan slot RAM.


4. Pasang RAM

Jika sudah ketemu, mulai lakukan pemasangan RAM. Pasang RAM dengan posisi miring sambil ditekan masuk. Pastikan semua bagian logam pin masuk ke dalam slot RAM. Pastikan juga tidak keras atau tidak ada bagian yang mengganjal.

Baca juga: Laptop Tidak Bisa Konek Wi-Fi? Begini Cara Mengatasinya

5. Kunci RAM

Lanjutkan proses pasang RAM dengan menekan bagian RAM ke kunci RAM. Pastikan kedua kunci RAM mengeluarkan bunyi "Klik" dan terpasang dengan baik. Pastikan juga tidak keras atau tidak ada bagian mengganjal.

6. Rakit Laptop Kembali

Jika sudah, rakit kembali laptop dan nyalakan seperti biasa. Kini laptop lamamu sudah mempunyai RAM yang lebih besar sehingga performanya pun lebih kencang dan ngebut. Semoga bermanfaat.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya