Cara Melacak Laptop yang Hilang/Dicuri

Teknologi.id . September 29, 2020
Editor Shalom Times | Shalom Times Tamil
Foto: Shalom Times Tamil


Teknologi.id - Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang cara melacak HP yang hilang, mungkin juga kalian sudah sering mendengar dan membaca mengenai hal tersebut. Namun, bila ternyata perangkat laptop kita yang hilang?

Tentunya setiap pemilik laptop tidak ada yang mau kehilangan laptopnya, baik itu akibat kelalaian atau pun akibat tindak pencurian. Hal itu karena selain akan mengalami kerugian materi, pemilik laptop pastinya akan mengalami kerugian yang lebih jauh karena juga akan kehilangan data-data yang ada didalamnya.

Nah, bagi kalian yang mengalami laptop hilang/dicuri atau ingin melakukan pencegahan, jangan khawatir. Teknologi.id sudah merangkum cara melacak laptop yang hilang/dicuri sehingga bisa diketahui lokasinya untuk ditemukan. Berikut langkah-langkahnya.

Baca juga: 15 Langkah Mudah Ini Bisa Bantu Kamu yang Lupa Password Laptop

Cara Melacak Laptop yang Hilang

Editor Shalom Times | Shalom Times Tamil
Foto: Prey Project


Cara melacak laptop yang hilang atau dicuri ini menggunakan aplikasi Prey untuk melindungi kamu dari kehilangan laptop. Aplikasi pelacak laptop bernama Prey ini tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, Mac OS X, Android, iOS, Linux, bahkan Ubuntu.

Prey dapat kamu gunakan secara gratis, tetapi hanya bisa digunakan untuk 3 perangkat dan hanya bisa memakai fitur utama saja. Jika merasa aplikasi ini sangat bermanfaat atau cocok, kamu bisa meng-upgradenya ke paket perlindungan lain dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 65.000 per bulan untuk paket personal, serta sekitar Rp 200.000 per bulan untuk paket home.

Untuk pelaku bisnis juga bisa menggunakannya dengan harga yang bisa di-custom berdasarkan jenis perlindungan yang digunakan.

1. Registrasi atau Daftar Akun Prey

Editor Shalom Times | Shalom Times Tamil

Aplikasi ini akan membutuhkan sejumlah data kamu untuk bisa dilindungi. Untuk menjadikan laptop kamu terlindungi oleh aplikasi Prey. Kamu perlu melakukan pendaftaran akun Prey dulu. di Login, lalu pilih "don't have an account". Kamu juga bisa mendaftar dengan akun Facebook atau Twitter kamu.

2. Download Aplikasi Prey

Editor Shalom Times | Shalom Times Tamil

Setelah itu, kamu perlu mendownload aplikasi Prey ke komputer kamu. Caranya adalah dengan menekan tombol plus (di samping tulisan Your Devices) lalu pilih OS perangkat yang kamu gunakan.

3. Install Aplikasi Prey

Setelah itu, lakukan install aplikasi Prey. Aplikasi Prey menyediakan berbagai tool yang diperlukan untuk membantu kamu menemukan laptop yang hilang dengan mudah melalui kontrol panel pada website.

Dengan begini, kamu dapat melihat lokasi laptop kamu yang hilang dengan jelas. Selain itu, kamu juga dapat mengunci serta mencegah pencuri bisa mengakses laptop kamu.

4. Lakukan Login pada Aplikasi

Setelah itu, aplikasi Prey akan meminta kamu untuk memilih apakah menggunakan akun baru atau aun yang sudah ada. Karena tadi sudah mendaftar, maka kamu tinggal pilih "existing user", lalu login dengan memasukkan email dan password yang terdaftar.

5. Keberadaan Laptop Sudah Bisa Ditemukan

Editor Shalom Times | Shalom Times Tamil

Setelah itu, posisi laptop kamu langsung bisa di-track oleh aplikasi ini. Satu lagi, aplikasi ini juga memberikan alamat lengkap dari keberadaan laptop kamu. Semuanya bisa kamu lihat dengan membuka browser dan membuka situs Prey dan login menggunakan akun pribadi kamu.

Kamu bisa memanfaatkan sejumlah fitur seperti membunyikan alarm, memberikan pesan kepada si pencuri, mengunci laptop kamu, menghapus data, dan menyelamatkan data file kamu. Kedua layanan terakhir bisa digunakan jika kamu menggunakan versi berbayar dari Prey. Sangat mudah bukan cara melacak laptop hilang ini?

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler