Bun, Inilah Tips Mengatasi Kecanduan Anak Terhadap TikTok

Annisa Fadillah . December 16, 2020

Foto: CNN Indonesia

Teknlogi.id - Berlama-lama di rumah memang membosankan bagi sebagian orang. Pelarian yang dilakukan biasanya adalah dengan bermain HP. Tak terkecuali anak-anak. Di masa PSBB seperti ini, mungkin membuat sebagian anak 'kehilangan' kesempatan bermain dengan teman-temannya. Akhirnya, yang mereka lakukan ialah bermain HP dan mengikuti trend saat ini, yaitu bermain TikTok.

Tak hanya menyediakan informasi yang bermanfaat, TikTok saat ini digandrungi oleh banyak anak-anak karena banyak konten menari dan video lucu. Dari segi positif, TikTok mewadahi siapa saja yang ingin 'tampil' dan berkreasi dengan kemudahan edit video dan membagikannya ke masyarakat luas. Namun, karena terlalu sering bermain atau scroll TikTok ini, sebagian anak-anak susah lepas dan tidak bisa berhenti scroll TikTok.

Baca Juga: Saingan TikTok Bertambah! Facebook Rilis Aplikasi Collab 

Memang, tak ada salahnya membiarkan anak-anak kita bermain dan scroll timeline TikTok. Namun, sebagai orang tua kita harus menerapkan beberapa aturan, agar anak-anak tidak 'kecanduan' TikTok. Berikut adalah tipsnya:

1. Matikan Notifikasi

Foto: Suara

Dengan mematikan tombol notifikasi TikTok, kegiatan sehari-hari anak Anda seperti belajar tidak akan terganggu. Anak Anda akan lebih mudah untuk berkonsentrasi pada tugas harian dan tidak terganggu dengan notifikasi yang suka muncul tiba-tiba dan random. Keinginan untuk membuka TikTok pun akan menurun.

2. Memberikan Batasan Waktu

Foto: Bukalapak

Mengatur batasan waktu ini sangat esensial untuk mengontrol kebiasaan anak. Jangan sampai anak Anda hanya menghabiskan waktu seharian dengan scroll timeline TikTok. Fitur timer di TikTok ini sebenarnya sudah ada, karena TikTok memiliki fitur Digital Wellbeing yang dapat mengontrol berapa waktu yang Anda habiskan untuk bermain TikTok. Berikut adalah cara memakainya:

  • Buka tab Profil Anda
  • Ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas
  • Ketuk Digital Wellbeing
  • Ketuk Manajemen Waktu Layar dan ikuti langkah-langkah di aplikasi Mode Terbatas

3. Fasilitasi dan Dampingi Anak Saat Berkarya

Foto: CBC

Jika anak Anda memang suka bermain TikTok karena senang menunjukkan bakatnya seperti menari, menyanyi, voice over, dll; maka sebaiknya didampingi oleh orang tua atau dengan kakak. Hal tersebut dimaksudkan agar tujuan anak bermain TikTok menjadi terarah dan tidak jatuh ke yang namanya 'kecanduan'. Orang tua juga mungkin perlu untuk memfasilitasi kegaiatan positif lainnya di luar bermain TikTok; seperti memberikan kursus menari atau menyanyi. Itu merupakan salah satu bentuk dukungan dari orang tua bagi anak.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX Designer, Product Research, Esport Business Class, Digital Marketing, dan Sales & Marketing Professional bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

4. Berikan Akses untuk Bertemu Teman-temannya

Foto: USA Today

Semua tahu, di masa sulit ini membiarkan anak untuk berkumpul dengan orang lain memang mengkhawatirkan. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba memberikan akses pada anak Anda untuk bertemu dengan teman-temannya. Anda bisa melakukan ini via telepon atau video call. Anda juga dapat mengundang teman-teman anak Anda untuk bermain secara virtual melalui berbagai macam platform teleconference; contohnya menggambar bersama via Zoom.

5. Terapkan Aturan Memegang HP

Foto: NYTimes

Agar anak tidak terus-terusan bermain HP sepanjang hari, baiknya para orang tua menerapkan aturan memegang HP. Selama waktu tidak boleh memegang HP, anak-anak juga jangan dibiarkan bermain sendiri, tetapi didampingi atau mungkin dilibatkan dalam pekerjaan rumah yang ringan dan fun seperti memasak, menyiram tanaman,dll.

Baca Juga: Kreator TikTok Paling Populer di 2020, Idolamu Termasuk? 

(af)




teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler