Ini Dia, 5 Aplikasi Android Buatan Indonesia yang Mendunia

aplikasi android
Foto: Playtech.ro

Teknologi.id – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan pengguna Android terbanyak di dunia. Namun tak hanya sebagai pengguna, Indonesia juga memiliki banyak pengembang-pengembang yang sukses menciptakan aplikasi Android populer bahkan mendunia.

Indonesia boleh berbangga karena ada banyak aplikasi buatan anak bangsa yang melejit di luar negeri. Jenis aplikasinya pun bermacam-macam, dari mulai aplikasi penyedia layanan transportasi, smart city, edit foto, game dan lain-lain.

Dirangkum dari beberapa sumber, inilah 5 aplikasi buatan anak bangsa yang cukup terkenal di dunia. Aplikasi yang masuk dalam daftar ini hanyalah aplikasi buatan pengembang Indonesia. Bukan aplikasi bertema Indonesia namun dibuat oleh pengembang asing. Berikut selengkapnya.

5 Aplikasi Android Buatan Indonesia yang Mendunia

1. GOJEK

Aplikasi ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone. Dikembangkan oleh developer PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, GOJEK menyediakan berbagai layanan online. Tak hanya populer di Indonesia, kesuksesan aplikasi ride-sharing ini berhasil menyedot perhatian media asing, seperti Reuters dan Wall Street Journal. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk memudahkan semua aktivitas sehari-hari agar bisa lebih cepat dan praktis.

Awalnya GOJEK didirikan untuk mengurangi kemacetan yang ada di kota-kota besar di Indonesia. Namun seiring waktu mulai merambah ke layanan lainnya, mulai dari ojek online, delivery makanan, beli pulsa, dan masih banyak lagi.

2. Qlue

Hasil gambar untuk aplikasi android qlue

Qlue merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Qlue performa sebagai media informasi untuk membangun smart city. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat melaporkan masalah secara langsung kepada pemerintah kota. Pada awalnya, aplikasi ini dibuat untuk DKI Jakarta, namun kemudian dikembangkan pada beberapa kota lainnya seperti Pekanbaru, Probolinggo, Bima, serta Menado.

Qlue telah menerima banyak penghargaan sejak tahun 2015. Pada tahun 2019, Qlue meraih penghargaan sebagai aplikasi pemerintahan terbaik di dunia. Qlue menerima Best Mobile Government Service Award untuk kategori Public Empowerment dalam acara ‘The 7th World Government Summit‘ yang diselenggarakan di Dubai pada 10-12 Februari 2019.

Baca juga: Bos Huawei Klaim OS HongMeng Lebih Cepat dari Android dan MacOS

3. PicMix

Hasil gambar untuk PicMix aplikasi

Aplikasi besutan Inovidea Magna Global ini cukup populer bagi orang-orang yang gemar mengedit foto. Meski termasuk aplikasi populer, masih ada sejumlah orang yang tak tahu PicMix adalah buatan pengembang Indonesia.

Sama seperti sejumlah aplikasi pengeditan dan berbagi foto, PicMix juga memiliki berbagai fitur seperti, Photo Editors, Photo Collage, dan Cure Stickers. Pengguna juga bisa membagikan foto yang sudah mereka edit ke jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram.

Saat artikel ini ditulis, jumlah unduhan PicMix berkisar antara 10 sampai 50 juta di Google Play Store. Kesuksesan PicMix tidak hanya menjadi sorotan di Indonesia. Pemberitaan soal aplikasi ini juga pernah dibuat oleh media asing seperti Tech Crunch.

4. Catfiz Messenger

Hasil gambar untuk Catfiz Messenger

Saat ini, instant messaging merupakan software yang paling banyak dicari oleh semua kalangan, karena kemudahan berkomunikasi antar personal. Salah satu alumni ITS Surabaya berhasil menciptakan instant messanger berbasis Android yang dikembangkan pada pertengahan November 2012.

Aplikasi ini sampai sekarang memiliki banyak user aktif dari dalam maupun luar negeri. Namun sayang aplikasi ini masih kalah pamor dengan aplikasi chatting dari luar negeri. Padahal lebih dari 73 negara menjadi user aktif dari Catfiz.

5. Ramen Chain

Hasil gambar untuk Ramen Chain

Aplikasi game Ramen Chain benar-benar berjaya di luar negeri. Aplikasi karya anak bangsa ini pernah menduduki peringkat satu kategori Free App di Singapura, Indonesia, dan Filipina.

Selain itu juga pernah menduduki peringkat tiga Free App di Taiwan, Hong Kong, Malaysia, dan Thailand.

Seperti inilah potensi anak Indonesia. Faktanya, anak bangsa mampu menghasilkan karya yang dapat mengejutkan dunia lewat capaian di bidang teknologi. Lima aplikasi di atas sendiri sebenarnya adalah segelintir dari aplikasi sukses yang diciptakan oleh developer Indonesia.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *