Sebuah bisnis tentunya memerlukan promosi atau branding agar bisa memperoleh keuntungan. Salah satu cara dalam melakukan branding dalam bisnis adalah menggunakan strategi optimasi SEO.
Sekarang ini, strategi SEO bisa diterapkan di berbagai industri untuk meningkatkan traffic ataupun penjualan. Oleh karenanya tidak jarang pebisnis dari berbagai industri yang saat ini memilih jalan ninja dengan menggunakan layanan jasa SEO demi meningkatkan profit mereka.
Jasa SEO merupakan layanan yang ditawarkan oleh pakar SEO untuk mengoptimasi website supaya memperoleh peringkat teratas di mesin pencari. Semakin ketatnya persaingan antar website untuk bisa menempati halaman pertama pencarian di mesin pencari, membuat layanan jasa SEO semakin digandrungi.
Strategi SEO Menjadi Cara Ampuh Mengembangkan Bisnis
Era yang serba cepat saat ini memaksa pebisnis untuk mengikuti pendekatan bisnis yang berubah-ubah tanpa henti dan persaingan pasar yang semakin ketat. Semenjak mesin pencari ditemukan, implementasi SEO menjadi terobosan baru di bidang bisnis untuk melakukan branding secara digital.
Situs web tidak hanya berguna sebagai pemberi informasi saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi produk maupun jasa bagi sebuah bisnis. Jika dilihat dari segi tujuannya, optimasi SEO secara umum bertujuan untuk memperoleh rangking teratas di SERP. Namun, setiap industri tentunya memiliki tujuan yang lebih spesifik.
Adanya perbedaan karakteristik tersebut membuat strategi SEO yang diterapkan di setiap industri juga perlu disesuaikan dengan jenis industrinya agar hasilnya bisa maksimal.
Berikut adalah 5 contoh penerapan strategi SEO di berbagai industri :
1. SEO untuk Toko Online (SEO E-Commerce)
Sekarang ini, toko online atau E-commerce menjadi andalan bagi masyarakat untuk berbelanja karena dapat dilakukan secara online sehingga lebih praktis dan mudah. Di sisi lain, hal tersebut membuat persaingan secara online juga semakin ketat. Untuk meningkatkan rangking toko di SERP, strategi SEO E-commerce dapat diterapkan.
Melalui strategi SEO E-commerce, toko online bisa memperoleh leads, traffic hingga profit yang semakin besar. Langkah-langkah strategi SEO E-commerce diantaranya adalah sebagai berikut :
- Perbaiki struktur website.
- Optimasi halaman kategori.
- Optimasi deskripsi produk.
- Sertakan review produk.
- Tambahkan rekomendasi produk sejenis.
- Buat konten artikel.
2. SEO untuk Toko Offline (Local SEO)
SEO untuk toko offline atau local SEO merupakan strategi SEO yang bertujuan agar bisnis bisa muncul di pencarian lokal. Jika bisnis dapat muncul di pencarian lokal, tentunya calon pembeli terdekat menjadi semakin mudah untuk menemukan bisnis.
Local SEO sangat penting, pasalnya menurut riset 72% pengguna internet yang melakukan pencarian lokal memutuskan untuk mengunjungi dan 28% bahkan memutuskan membeli di toko offline.
Langkah-langkah strategi local SEO diantaranya adalah sebagai berikut :
- Buat profil Google Bisnis.
- Lengkapi biodata bisnis (NAP Citations).
- Perhatikan ulasan konsumen.
3. Website Multisite/Multi Bahasa (International SEO)
Tidak sama dengan local SEO, international SEO merupakan strategi SEO yang bertujuan agar website dapat muncul di pencarian global dengan membuat website multisite, sehingga bisa menjangkau audiens dari negara lain.
Strategi ini cocok untuk bisnis yang produk atau jasanya tersedia di negara lain. Langkah-langkah strategi international SEO diantaranya adalah sebagai berikut :
- Perhatikan struktur domain.
- Perhatikan penggunaan bahasa.
- Pastikan konten sesuai dengan target negara.
4. Media Massa atau Portal Berita (News SEO)
Strategi news SEO memiliki tujuan agar konten berita yang dibuat dapat muncul di Google News Carousel, sehingga website nantinya bisa memperoleh lebih banyak traffic. Langkah-langkah strategi news SEO diantaranya adalah sebagai berikut :
- Buat konten berita yang berkualitas.
- Buat schema markup.
- Pasang plugin news SEO.
- Pahami pedoman teknis.
- Terbitkan berita terupdate.
5. Bisnis B2B
Tidak jauh berbeda dengan toko online, strategi SEO pada bisnis B2B juga memiliki tujuan untuk meningkatkan rangking pencarian di mesin pencari namun dengan target audiens yang lebih spesifik. Langkah-langkah strategi SEO B2B diantaranya adalah sebagai berikut :
- Ciptakan buyer persona.
- Pahami sales funnel.
- Optimasi landing page.
- Buat kluster topik pada website.
Demikianlah tadi 5 contoh strategi SEO di berbagai industri beserta langkah-langkahnya. Semoga bermanfaat.
Tinggalkan Komentar