5 Cara Mengetahui Akun Instagram Diblokir oleh Orang Lain

Fabian Pratama Kusumah . April 05, 2021

Foto: Gadgetren

Teknologi.id – Instagram merupakan salah satu media sosial terpopuler yang ada saat ini, salah satu fungsi dari Instagram tentunya dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Instagram mempunyai salah satu fitur yaitu memblokir pengguna lainnya, biasanya ini dilakukan jika pengguna tersebut dianggap mengganggu atau bahkan terjadi perselisihan.

Jika kamu diblokir oleh seseorang di Instagram, kamu tidak bisa langsung mengetahuinya, karena tidak ada pemberitahuan yang masuk maupun keterangan bahwa kamu sudah diblokir oleh pengguna tersebut.

Baca juga: Fitur Baru Instagram, Bisa Simpan Instastories di Draft

Oleh karena itu, kamu harus mencari tahu sendiri apakah akun milikmu benar-benar diblokir oleh salah satu pengguna lain tersebut.

Setidaknya ada lima cara yang patut dicoba untuk memastikan bahwa seseorang telah memblokir akun Instagram kamu, berikut caranya

1. Cari profil di kolom search

Foto: Kompas

Pilih  menu "search", lalu tuliskan username akun yang dimaksud. Ketika profil orang tersebut muncul, ada beberapa skenario yang kemungkinan dapat terjadi.

Pertama, jika profil orang yang diduga memblokir kamu bersifat publik dan kamu masih dapat melihat unggahannya, itu artinya kamu tidak diblokir.

Sebaliknya, jika profil orang yang diduga memblokir kamu bersifat publik tapi kamu tidak bisa melihat unggahan, follower dan following milik akun tersebut, itu artinya akun Instagram Anda diblokir oleh pengguna tersebut.

2. Tidak dapat mengirimkan pesan

Foto: Upleap

Baca juga: Cara Kembalikan Postingan di Instagram yang Telah Dihapus

Cara berikutnya adalah kamu tidak dapat mengirimkan pesan secara langsung (DM) kepada akun tersebut.

Pada dasarnya, Instagram secara otomatis akan menonaktifkan fitur pesan pada sebuah akun yang telah diblokir.

Oleh karena itu, jika akun yang kamu gunakan tidak bisa mengirimkan pesan, bisa dipastikan akunmu sudah diblokir oleh seseorang.

3. Menggunakan aplikasi

Foto: GetInsta

Cara yang paling mudah untuk mengecek akun mana yang memblokir akun kita adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi.

Salah satu aplikasi ini bernama Followers. Dengan menggunakan aplikasi Followers, kamu dapat melihat akun mana saja yang telah memblokir akun milikmu dengan mudah dan cepat.

4. Cari username menggunakan browser

Foto: WikiHow

Baca juga: Marak DM Instagram yang Bisa Retas Akun, ini Cirinya

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk memastikan akun akun Instagram kamu diblokir seseorang adalah dengan mencari username pengguna tersebut melalui browser.

Format pencarian username Instagram melalui website adalah instagram.com/username. Kamu juga harus login ke dalam akun Instagram melalui browser yang sama.

Jika hasil pencarian muncul dan terdapat keterangan “Sorry, this page isn’t available” atau "Maaf, halaman ini tidak tersedia", ini artinya akun kamu telah diblokir.

5. Gunakan akun lain

Foto: Biangcara

Bila kamu memiliki akun kedua, coba cari akun orang yang telah memblokir kamu menggunakan akun tersebut.

Jika kamu tidak punya akun kedua, kamu bisa membuatnya ataupun meminta bantuan teman untuk mencari profil orang yang dimaksud.

Apabila profil tersebut muncul saat dicari menggunakan akun kedua atau milik teman kamu, ini artinya akun kamu telah diblokir.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler