5 Aplikasi Pencari Judul Lagu di Android Hanya dengan Cuplikan Suara

Kredit: Steemkr

Teknologi.id – Pernahkah kamu mendengarkan sebuah lagu bagus dari radio atau speaker di tempat umum, namun tidak mengetahui judul lagunya? Pastinya pernah kan. Kalau kamu benar-benar ingin tahu judul lagunya, kamu bisa mengetahuinya dengan aplikasi pencari judul lagu di Android.

Di Google Play sendiri, aplikasi android jenis ini hingga kini masih sedikit pilihannya. Untuk mendapatkan aplikasi yang bagus, kita perlu sedikit menelitinya supaya tidak kecewa setelah mendownloadnya.

Berikut ini 5 aplikasi pencari judul lagu di Android melalui cuplikan suara.

1. Shazam – Discover Music

Shazam - Discover Music
Shazam – Discover Music

Aplikasi untuk mengetahui judul lagu yang paling populer adalah Shazam. Aplikasi android yang telah digunakan oleh ratusan juta orang ini bisa mengindentifikasi lagu atau musik yang sedang diputar.

Selain fitur tersebut, Shazam juga menyajikan fitur menarik lain, seperti; menyanyikan lagu dengan lirik musik atau menonton video klip, fitur untuk mengindentifikasi lagu secara offline, membeli lagu, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan reviews dari beberapa pengguna, aplikasi Shazam bisa mendeteksi lagu mulai dari yang lawas hingga lagu baru atau yang sedang hits. Berminat?

2. SoundHound Music Search

SoundHound Music Search
SoundHound

Aplikasi SoundHound juga tak kalah powerful-nya dengan Shazam. Pasalnya, dalam mencari lagu yang tidak kamu ketahui judulnya, kamu cukup tap tombol jingga dan lalu bernyanyi atau setidaknya bersenandung sesuai dengan nada yang kamu ingat.

Selain bisa mengidentifikasi lagu, kamu juga bisa mengunakan aplikasi SoundHound sebagai pemutar musik. Nantinya aplikasi ini akan menampilkan lagu atau video klip lengkap dengan liriknya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, pengetahuan musikmu juga bisa bertambah berkat keberadaan fitur yang akan memberikan sajian lagu-lagu yang sedang populer di berbagai belahan dunia.

3. TrackID™ – Music Recognition

TrackID™ - Music Recognition
TrackID™ – Music Recognition

Selanjutnya ada TrackID yang mungkin menjadi pilihanmu. Aplikasi android yang dipersembahkan oleh Sony Mobile Communications ini bisa dibilang mirip dengan Shazam yang sudah kita bahas di atas.

Dalam mengidentifikasi lagu untuk mengetahui judulnya, kamu hanya perlu memutar potongan lirik lagu dari berbagai sumber, seperti radio dan sebagainya.

Aplikasi ini juga mempunyai fitur offline mode yang bisa membantumu menyimpan potongan lagu yang dimainkan ketika sedang tidak terhubung ke internet, dan setelah kembali terhubung maka proses pencarian lagu akan dilanjutkan sampai lagu yang dicari ditemukan.

4). Musixmatch Lyrics

Musixmatch Lyrics
Musixmatch Lyrics

Bagu yang sering berkaraoke secara online, kemungkinan besar sudah tidak asing lagi dengan MusixmatchMusixmatch adalah aplikasi yang terkenal dengan kemampuannya yang dapat menampilkan lirik dari lagu yang sedang dimainkan.

Aplikasi android ini bisa menampilkan lirik dari lagu yang kamu dengan dari berbagai sumber, seperti Spotify, SoundCloud, Youtube, Google Play Music, dan lainnya. Bukan hanya itu, android ini juga memiliki fitur yang memungkinkan kita untuk mengetahui judul dari lagu yang tidak diketahui.

5. Sound Search for Google Play

Sound Search for Google Play
Sound Search for Google Play

Satu lagi pilihan aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk mengetahui judul dari lagu yang kamu dengarkan, dia adalah Sound Search for Google Play. Aplikasi android garapan penerbit besar “Google Inc” ini memiliki tampilan yang sangat sederhana karena hanya berupa widget.

Jadi, nantinya widget tersebut akan tampil di homescreen ponselmu dan langsung bisa kamu gunakan. Kamu hanya perlu tap “What’s this song?” ketika lagu sedang diputar, maka aplikasi ini akan mengidentifikasinya. Setelah lagunya ditemukan, maka akan tampil keterangan judul lagu beserta nama penyanyi atau nama grup band. Kamu juga bisa langsung membelinya di Google play.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending