15 Tren Desain UI Terbaik dan Terpopuler di Tahun 2019 (Bag.2-Habis)

15 Tren Desain UI Terbaik dan Terpopuler di 2019 (Bag.2)

Teknologi.id – Perancangan aplikasi seluler kini telah berubah menjadi bidang industri terpisah yang saat ini bernilai jutaan dolar. Bisa dibilang bahwa desain aplikasi seluler kini telah menjadi aspek penting dalam dunia aplikasi.

Pada dasarnya User Interface (UI) dan desain aplikasi seluler persis seperti apa yang akan dilihat pengguna ketika mereka akan menggunakan aplikasi seluler / web untuk pertama kalinya. Pengembang aplikasi dan pemilik aplikasi berisiko tinggi kehilangan pengguna aplikasi jika mereka tidak menyukai antarmuka pengguna aplikasi pada pandangan pertama.

Baca juga: 20 User Interface (UI) Design Tools Terbaik 2019 (Bagian. 3-Habis) 

Ini adalah alasan lain mengapa UI menjadi sangat penting karena terhubung langsung dengan fakta bahwa pengguna dapat menghapus aplikasi hanya dengan menilai UI dan desain aplikasi. Itu sebabnya kami telah menyusun daftar tren desain UI terbaik dan terpopuler di tahun 2019. Berikut 15 Tren Desain UI Terbaik dan Terpopuler di Tahun 2019 (Bag.2).

15 Tren Desain UI Terbaik dan Terpopuler di Tahun 2019 (Bag.2-Habis)

8. Minimalisme

Minimalisme. Foto: Behance

Desain UI seluler tidak dapat dilabeli sebagai tren UI terbaru karena telah menjadi tren populer pada 2018 juga, tetapi di 2019 orang-orang masih belum memahami desain user interface ini. Ketika masuk pada minimalis dan penyederhanaan, pengguna cenderung lebih menyukainya karena menambahkan beberapa elemen desain dalam aplikasi mungkin membingungkan mereka.

Pendekatan desain minimalis membuat seluruh user experience (UX) lebih sederhana dan lebih mudah. Poin plus utama lainnya di sini adalah bahwa ini berlaku untuk sejumlah besar warna. Sebagai contoh, salah satu strategi umum saat ini adalah memilih satu warna bersama dengan beragam warna dari warna tertentu.

9. Gestulasi Dalam Aplikasi

Gestulasi dalam Aplikasi. Foto: medium.com

Gestulasi dalam aplikasi atau in-app gesticulation adalah cara cerdas untuk meningkatkan user interface Kamu dengan bantuan teknologi terbaru. Beberapa tahun yang lalu, seluruh konsep pengoperasian smartphone sensorik tampaknya tidak biasa bagi orang-orang dan sekarang pengguna aplikasi mengharapkan semua aplikasi mobile mereka memiliki fungsi inbuilt seperti itu. Gestulasi dalam aplikasi adalah salah satu tren desain user interface yang harus dimiliki untuk tahun 2019.

10. Pengalaman Layar Penuh

Pengalaman Layar Penuh. Foto: NVE Media

Dalam part 1, kami membahas tentang gambar tanpa bingkai. Saat ini desain tanpa bingkai menjadi tren. Semakin banyak perangkat baru memilikinya. Dengan lebih banyak ruang layar, pengguna berharap dapat menggunakannya secara penuh. Seiring dengan pengalaman layar penuh, kualitas aset akan membuat dampak besar pada harapan pengguna tentang aplikasi. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak Android, serta perangkat iOS, bekerja keras untuk memberikan pengalaman layar penuh bersama dengan fitur-fitur berkualitas tinggi untuk melampaui harapan pengguna tanpa pikselasi.

11. Augmented Reality

Augmented Reality. Foto: Search Engine Land

Ini adalah bidang yang benar-benar baru yang menjanjikan kita untuk sepenuhnya mengubah cara kita melihat dan menggunakan perangkat kita. Smartphone kita dapat menjadi lensa bagi dunia virtual. Lensa AR dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi perpesanan yang menciptakan pengalaman pengguna yang lebih menarik, dan game contohnya Pokemon Go.

Selain menyenangkan, AR dapat memecahkan masalah kehidupan nyata. Contoh termudah adalah pengukuran objek dunia nyata tanpa menggunakan pita pengukuran tradisional.

Sebelum Kamu mulai merancang dan mengembangkan aplikasi ARmu, lihat kerangka kerja augmented reality yang dirilis oleh Apple yaitu ARKit dan Google yaitu ARCore untuk membantu menciptakan aplikasi seluler AR inovatif dengan kecepatan yang lebih mudah dan lebih cepat.

12. Otorisasi Biometrik

Otorisasi Biometrik. Foto: Youtube

Otorisasi Biometrik atau Biometrical Authorization juga merupakan tren desain UI seluler yang penting dengan opsi seperti Touch ID, Identifikasi Suara, Face ID dll. Fitur-fitur ini sangat bermanfaat untuk melindungi informasi pribadi pengguna sambil membuat bypass untuk metode otentikasi login tradisional. Fitur-fitur tersebut juga bertindak sebagai prosedur login yang aman dan efektif waktu.

13. Cards

Kartu. Foto: Wertopic.pw

Cards juga memainkan peran penting dalam mengatur data dalam aplikasi berbasis web dan seluler. Karena mereka dapat terdiri dari semua media seperti video, visual, teks, tautan yang terkait dengan objek yang ditentukan dan banyak lagi. Di sisi lain, cards adalah salah satu tren desain UI terbaik yang akan fokus pada menampilkan sejumlah besar konten pada layar dalam satu waktu. Bersamaan dengan ini, mereka terlihat estetis dan sangat dioptimalkan untuk ketukan cepat pada layar.

14. Emoticon

Emoticon. Foto: Dribbble

2019 akan menjadi tahun di mana kecerdasan emosional akan diadopsi oleh sebagian besar desainer aplikasi seluler dan itu akan jauh lebih besar daripada hanya menambahkan efek animasi dalam aplikasi. Tahun lalu, Animoji dirilis di perangkat iPhone X yang telah menunjukkan tren user interface yang inovatif ini.

15. Animasi

Animasi. Foto: Twitter

Tujuan utama di sini adalah untuk membuat pengguna aplikasi seluler menyukai aplikasi ini untuk waktu yang lama. Untuk itu, Kamu bisa menggunakan beberapa interaksi dan animasi dalam bentuk font, ikon, tombol, dan bahkan foto. Pendekatan ini dapat dilanjutkan dengan animasi fungsional yang memungkinkan pengguna aplikasimu untuk menggunakan aplikasi secara lebih mendalam. Animasi fungsional juga memungkinkan pengguna untuk memahami aplikasi secara terperinci yang selanjutnya dapat mengarahkan mereka melalui perjalanan rancangan adegan animasi yang Kamu buat.

Baca juga: 15 Tren Desain UI Terbaik dan Terpopuler di Tahun 2019 (Bag.1)

Tren desain interface selalu menjadi topikmenarik ketika perancang aplikasi mempelajari lebih lanjut tentang apa yang baru di bidang desain aplikasi seluler. Itulah urutan 8-15 dari 15 tren desain UI terbaik dan terpopuler di tahun 2019. Kami sangat berharap bahwa dengan bantuan artikel ini, Kamu akan dapat memperoleh wawasan berharga tentang berbagai jenis tren desain user interface untuk halaman web dan aplikasi seluler.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *