10 Channel YouTube untuk Belajar Programming

Kemala Putri . December 02, 2018
Teknologi.id - Mungkin terbesit di kepala sebagian dari kita, apakah belajar pemrograman dapat dilakukan secara otodidak? Tentu saja jawabannya bisa. Belajar pemrograman secara otodidak sudah menjadi cara belajar bagi sebagian developer atau pembuat program lainnya. Terdapat banyak sumber belajar pemrograman yang dapat kita akses. Apalagi sekarang informasi dapat mengalir dengan cepat, tentu sumber-sumber belajar menjadi semakin banyak dan semakin mudah untuk dididapatkan. Belajar pemrograman secara otodidak pun semakin mudah. Dalam artikel ini terdapat 10 channel YouTube pilihan di mana kita dapat belajar pemrograman dan sejenisnya secara gratis.

10 Channel YouTube untuk Belajar Programming

1. Codecourse

Codecourse menawarkan berbagai kursus pemrograman dari pemula sampai ahli. Terlepas dari ini, ia juga membantu menyediakan video mengenai konsep pemrograman seperti array. Kursus di channel ini termasuk pembuatan game breakout JavaScript, Lavarel, Real-time chat, PHP, kiat menulis cleaner code, membuat cart menggunakan PHP, dan berbagai konsep lainnya.

2. thenewboston

thenewboston adalah channel lain yang membantu pemula untuk mendapatkan akses ke pengetahuan pemrograman secara gratis. Channel ini memiliki berbagai kursus yang berkaitan dengan berbagai genre pemrograman. Mereka memiliki Angular 2, Flask, ReactJS, CSS dll untuk orang-orang yang tertarik dalam pengembangan web. Untuk penggemar pemrograman baris perintah, ada tutorial Linux, pengembangan GUI menggunakan Python, Windows Command Line, dll. Channel ini juga berisi berbagai video yang memberikan wawasan berbagai bahasa pemrograman seperti C, R, C ++, HTML, Ruby, Java, dll .

3. LevelUp Tuts

LevelUp Tuts didirikan kembali pada Maret 2012 oleh Scott Tollinski & Ben Schaaf saat bekerja bersama di Q Ltd. Setelah kecelakaan, Scott menderita gegar otak dan tidak dapat aktif. Lalu, Ben mencoba menurunkan konsentrasi kontennya dengan membuat proyek khusus Web Development. Enam tahun kemudian, channel ini terus membuat video yang didedikasikan untuk pengembangan web. Ada berbagai platform tempat channel ini membuat video seperti Drupal, WordPress, HTML5, CSS, Bereaksi, dll.

4. LearnCode.academy

LearnCode.academy adalah channel yang didedikasikan untuk membuat konten tentang pengembangan web. Channel ini menyediakan video tentang topik seperti HTML, CSS, JavaScript, CSS, Tata Letak, Desain Responsif, Developer, dll. Namun, video yang dibuat oleh mereka tidak terbatas hanya untuk platform ini. Mereka juga menyediakan tutorial Vue.js, AngularJS, Node.js, Docker, jQuery dll. Bagi programmer yang ingin melangkah lebih jauh, channel ini juga menyediakan kursus pembelajaran dengan memanfaatkan JavaScript.

5. Google Developers

Channel Google Developers menawarkan pelajaran, diskusi, berita & praktik terbaik yang up-to-date. Kontennya berisi pelajaran tentang Android, Chrome, Web Development, Polimer, Kinerja, iOS & lainnya!

6. Derek Banas

Derek Banas menjelaskan seluruh konsep bahasa pemrograman tertentu dalam satu video saja. Channel luar biasa ini terdiri dari video tutorial tentang bahasa pemrograman. Jika kamu tidak punya banyak waktu atau mempersiapkan ujian, kamu bisa mengikuti channelnya.

7. Treehouse

Channel youtube Treehouse memiliki lebih dari 350 video yang memberikan pengetahuan tentang PHP, javascript. Python, CSS, swift, dan C ++. Video-video ini mencoba untuk membuat bahasa pemrograman agar lebih mudah dipelajari tanpa komplikasi atau strategi yang rumit.

8. xoaxdotnet

Selain berfungsi sebagai channel YouTube, xoaxdotnet juga memiliki dedicated di mana orang dapat mengunduh contoh kode untuk latihan. Xoaxdotnet adalah channel yang memiliki konten yang berkaitan dengan berbagai konsep seperti literatur dan analisis, pendidikan anak-anak, dan lainnya selain konsep-konsep pemrograman. Untuk konsep pemrograman, ia menawarkan video untuk pemula seperti C ++, JavaScript, C ++, Java, dll.

9. Edureka

Edureka adalah platform interaktif yang mencoba mengubah cara pendidikan disesuaikan dengan generasi saat ini. Mereka memiliki berbagai seminar web, kelas sampel, kuliah dll pada topik seperti Big Data, DevOps, Blockchain, Artificial Intelligence dan Machine Learning, Data Science, Apache, Spark, Python dll. Selain memberikan pengetahuan teoritis, Edureka juga menyediakan konten skenario kehidupan nyata untuk hubungan industri.

10. Pluralsight

Dari semua channel yang disebutkan dalam artikel ini, Pluralsight mungkin satu-satunya yang menawarkan kursus sertifikasi. Jika pengguna merasa terkesan dengan kursus dasar di YouTube, dia dapat mendaftar untuk kursus lengkap di situs web mereka. Mereka juga memiliki pelatihan tak terbatas dengan biaya $ 29 per bulan. Ada berbagai topik di mana pengguna dapat mendaftar ke seperti JS Sudut, C #, ASP.NET MVC, jaringan CISCO, penyimpanan cloud, Windows Server dll. (DWK)
author1
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar