10 Buku Teknologi Rekomendasi Bill Gates (Bagian. 1)

Foto: MIT Technology Review

Teknologi.id – Salah satu rahasia kesuksesan Bill Gates adalah kegemarannya membaca. Hal ini di ungkapkannya melalui akun twitternya @BillGates.

“Membaca adalah cara favorit saya untuk belajar tentang subjek baru,” kicau Bill Gates pada Jumat (01/03/2019).

Bill Gates juga membagikan 10 buku favoritnya tentang teknologi yang dia tulis dalam laman majalah milik Massachusetts Institute of Technology (MIT).

“Berikut adalah 10 buku yang membantu menginformasikan pilihan saya untuk daftar 10 teknologi terobosan tahun ini,” tulis Gates dikutip dari MIT Technology Review, Rabu (27/02/2019).

10 Buku Teknologi Rekomendasi Bill Gates (Bagian. 1)

1. Life 3.0 oleh Max Tegmark

Foto: Medium

Menurut Gates, buku karangan Max Tegmark ini harus dibaca orang yang ingin memahami bagaimana kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) membentuk dunia.

“Tegmark, seorang ahli fisika dengan pelatihan, mengambil pendekatan ilmiah. Dia tidak menghabiskan banyak waktu dengan mengatakan kita harus melakukan ini atau itu. Sebagai hasilnya, Life 3.0 menawarkan dasar pengetahuan yang hebat tentang masalah ini (AI),” tulis Gates.

2. Should We Eat Meat? oleh Vaclav Smil

Foto: Wordery

Dalam ulasannya, Bill Gates mengaku sebagai penggemar berat semua tulisan Smil.

“Dia skeptis bahwa alternatif daging dan susu seperti yang dibahas dalam masalah ini akan mengurangi kebiasaan diet global. Kita mungkin tidak setuju tentang hal itu, tetapi saya pikir Smil memiliki hal-hal cerdas untuk dikatakan tentang bagaimana memberi makan dunia tanpa menghancurkan planet ini,” tulis Gates.

Baca juga: Tiger Toilet, Toilet Bertenaga Cacing Garapan Bill Gates 

3. I Contain Multitudes oleh Ed Yong

Foto: Amazon UK

Bill Gates dikenal sebagai seorang filantropi. Salah satu fokus Gates dalam berbagi dengan sesama adalah kesehatan.

Buku karya Ed Yong ini membuat Gates terpesona dengan mikroba dan usus manusia. Menurutnya, kedua hal itu bisa menjadi kunci untuk memperbaiki segala macam masalah medis.

“Saya sangat tertarik dengan tulisan Yong tentang bagaimana bakteri hidup dalam sistem pencernaan kita bisa dimanipulasi untuk mencegah kekurangan gizi,” tulis Gates.

4. The Emperor of All Maladies oleh Siddhartha Mukherjee

Foto: shop.pbs.org

Lagi-lagi Bill Gates merekomendasikan buku tentang kesehatan. Buku karya Siddharta Mukherjee ini bahkan memenangkan penghargaan tertinggi bidang jurnalisme cetak di AS, Pulitzer Prize.

“Biografi” kanker pemenang Pulitzer Prize ini merupakan kisah yang diceritakan dengan indah tentang kemajuan dalam memerangi penyakit selama abad terakhir. Beberapa kemajuan ilmiah yang dihasilkan telah mengarah pada terobosan lain, seperti vaksin yang termasuk dalam daftar teknologi terobosan tahun ini,” tulis Gates.

5. Behind the Beautiful Forevers oleh Katherine Boo

Foto: Washington Times

Dalam ulasannya, Bill Gates menyebut bahwa mungkin buku karya Katherine Boo sekilas bukan tentang teknologi. Karena, buku ini menceritakan tentang perkampungan kumuh di Mumbai.

“Tapi dia menawarkan mungkin tampilan paling jernih yang pernah saya lihat di tantangan sanitasi dunia. Ini adalah bacaan penting bagi siapa pun yang berharap menemukan kembali toilet.” tulis Gates.

Baca juga: Bill Gates Khawatirkan Teknologi Rekayasa Gen Manusia, Kenapa? 

Itulah 5 dari 10 buku teknologi rekomendasi Bill Gates, nantikan pembahasan 5 buku lainnya di artikel selanjutnya.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *