Rekomendasi 7 Gim Indonesia Terbaik di 2022 untuk Temani Libur Akhir Tahun

Alfryan Irgie . December 28, 2022

Teknologi.id - Tahun 2022 segera berakhir dan menandakan libur panjang bagi banyak kalangan agar dapat mengisi waktu dengan keluarga, ataupun bermain gim buatan lokal.

Demi mengisi kegiatan libur di tahun baru mendatang, Tekdi telah merangkum daftar 10 gim buatan developer lokal yang menarik untuk dicoba. Apa saja list-nya? 

1. DreadOut

Bukan cuma sebuah gim, tapi gim horror di urutan pertama ini sudah diangkat menjadi film layar lebar di Indonesia.

Terkenal karena pernah dimainkan oleh content creator independent yakni PewDiePie, DreadOut digarap oleh developeasal Bandung yakni Digital Happiness.

Gim horror ini mengangkat kisah seorang siswi SMA bernama Linda yang sedang melakukan perjalanan bersama guru dan teman-temannya menggunakan sebuah bus yang kemudian terjebak di sebuah kota penuh kabut. Setelah itu, Linda sebagai karakter pemain diharuskan mencari jalan keluar dan menemukan teman-temannya yang hilang.

Baca juga: Game Asal Indonesia ini Rilis di PS4 & PS5: Karya Anak Bangsa Taraf Internasional

2. Coffee Talk

Mengusung visual bernuansa pixelCoffee Talk merupakan gim buatan Toge Productions di mana pemain akan berperan sebagai seorang barista di coffee shop dan akan terlibat dalam diskusi unik dengan para pelanggan.

Diskusi yang akan dihadapi akan berbeda-beda sesuai pelanggan dengan karakteristik dan sifatnya masing-masing. Setelah melewati diskusi unik, pemain diharuskan meracik minuman sesuai keinginan pelanggan.

3. Escape from Naraka

Gim berbasis puzzle dan platforming ini mengambil perspektif first-person di mana pemain diharuskan menembakkan es ke musuh untuk memperlambat langkah mereka. 

Mengangkat mitologi Bali, Escape from Naraka besutan Xelo Games Studio ini menceritakan seorang lelaki yang berada di dimensi lain demi menyelamatkan kekasihnya yang telah diculik sang Ratu Leyak bernama Rangda.

4. Pulang: Insanity

Kalian penyuka gim horror? Pulang: Insanity besutan OZYSOFT ini bisa menjadi jawabannya. 

Gim horror ini menceritakan seorang pria miskin bernama Rudy yang terlilit hutang namun menjadi OKB (Orang Kaya Baru) berkat ritual yang ia jalani. 

Ritual pesugihan yang dijalani Rudy ini menjanjikan ia hidup di bayang-bayang kemewahan dan kesejahteraan. Namun di malam ke-21 setiap 3 bulan, Rudy akan kehilangan orang-orang tersayangnya karena dijadikan tumbal oleh jin demi memenuhi janji ritual.

5. Lokapala

Urutan ke-5 ialah gim MOBA yang mirip dengan Mobile Legends, yakni Lokapala garapan Anantarupa Studios. Layaknya Mobile Legends dari Moonton, Lokapala ini bertemakan MOBA 5v5 dengan cara menghancurkan tower utama milik lawan.

Terdapat berbagai banyak karakter/hero yang disebut Ksatriya dan diangkat berdasarkan tokoh-tokoh sejarah maupun mitologi seputar kebudayaan Nusantara.

Baca juga: Viral Gim Buatan Indonesia When The Past Was Around, Begini Cara Mainnya

6. When The Past Was Around

Developer lokal terkenal yakni Toge Productions dan Mojiken Studios adalah tim di balik pembuatan gim berbasis point-and-click bertajuk When The Past Was Around.

Gim ini mengharuskan pemain untuk memecahkan teka-teki (puzzle) dengan cara mencari objek yang hilang. Dan mengenai cerita, gim ini mengusung tema cinta di mana pemain akan disuguhkan cerita move on, kesakitan, hingga kebahagiaan. Salah satu nilai menonjol dalam gim ini ialah visual yang disajikan.

7. The Sun Shines Over Us


Dirilis untuk platform mobile khususnya Android, The Sun Shines Over Us besutan Niji Games ini mengangkat kisah bullying yang dialami Mentari sebagai siswi SMA hingga mengalami trauma. 

Gim ini membawa pesan mengenai pentingnya kesehatan mental sekaligus rilis bertepatan di hari kesehatan mental dunia. 

Itulah 7 gim Indonesia yang bisa menemani liburan kalian menjelang tahun baru. Dari ke-7 judul gim di atas, gim mana yang ingin kalian mainkan?

(ai)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar