Xbox Siapkan Opsi Aksesibilitas Bagi Penyandang Epilepsi

Annisa Fadillah . November 29, 2020

Foto : Gamerant

Teknologi.id - Beberapa minggu yang lalu, Microsoft merilis Xbox Series X dan Series S, yang merupakan konsol generasi terbaru saat ini. Xbox dan perusahaan induknya, Microsoft, telah memimpin industri video game untuk menyediakan aksesibilitas yang lebih baik di periferal game-nya. Sekarang, Microsoft telah mengungkapkan bahwa mereka akan terus menjalankan filosofi ini dalam rangka transisi konsol antar generasi.

Dikutip dari Game Informer, Brannon Zahand selaku Senior Gaming Accessibility Program Manager Microsoft, menyatakan bahwa saat ini masih ada lebih banyak area yang sebelumnya diabaikan di ruang game terkait aksesibilitas. Zahand menegaskan kembali bahwa Microsoft dan Xbox saat ini sedang menjajaki cara-cara baru untuk berinovasi dalam aksesibilitas di dunia game konsol, baik itu melalui perangkat keras, game, atau layanannya.

Baca Juga : Resmi Rilis, Redmi Note 9 Pro 5G Dihargai Mulai Rp 3,5 Juta

Meskipun Microsoft tidak mengumumkan hal baru hari ini, Zahand menegaskan bahwa dia melihat masa depan di mana kemajuan teknologi, terutama perkembangan teknologi AI dan pembelajaran mesin akan membuka pintu yang bisa membuat konsol menyesuaikan preferensi dan kemampuan individu pemain. Jadi suatu saat, apapun kondisi pemain bisa dipastikan bahwa mereka tetap akan mendapatkan pengalaman terbaik saat bermain menggunakan konsol Xbox.

"Bagi saya, inilah arti aksesibilitas, dengan membuat game lebih inklusif dan dapat diakses oleh semua orang, berdasarkan keinginan dan kebutuhan masing-masing," tambah Zahand.

Perlu diingat bahwa pada tahun 2018, Microsoft merilis Xbox One Adaptive Controller, dibuat dengan menawarkan aksesibilitas yang lebih adaptif untuk pemain. Meskipun skema desain pengontrol Xbox tradisional sangat disukai oleh penggemar, Microsoft mengakui bahwa itu tidak menawarkan banyak hal untuk pemain dengan mobilitas terbatas.

Atas dasar itulah sebabnya perusahaan menciptakan Xbox One Adaptive Controller. Terlepas dari desainnya yang inovatif, pengaturan Xbox Adaptive Controller dapat diubah dari game ke game agar sesuai dengan preferensi masing-masing pemain. Bahkan kemasan pengontrol juga dirancang dengan mempertimbangkan aksesibilitas.

Saat ini, Tim Riset Microsoft sedang melakukan pekerjaan yang luar biasa demi menambah aksesibilitas penggunanya dalam konsol Xbox. Mereka terus mengupayakan untuk mendapatkan feedback dari pelanggannya, agar dapat mengetahui desain dan fitur terbaik dalam rangka menunjang aksesibilitas pemain yang memiliki mobilitas terbatas, epilepsi, dll. Mereka juga kemungkinan sedang mengembangkan periferal yang lebih mudah diakses.

Baca Juga : Amazon Pecat Kurir yang Curi PS5 Setelah Tertangkap di CCTV

(af)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler