Buat Panggilan Videomu Makin Seru dengan Fitur Eye Contact Microsoft di Surface Pro X

Luthfiana Mifta . July 24, 2020


Foto: Tek Deeps


Teknologi.id - Microsoft akhirnya merilis fitur baru mereka, yaitu Eye Contact, bersama dengan peluncuran Windows Insider Preview Build 20175 yang baru saja dilakukan. Dikutip dari The Verge pada Kamis (23/07) kemarin, Microsoft menjelaskan bahwa fitur ini memanfaatkan kemampuan dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dari prosesor Microsoft SQ1 berbasis ARM untuk perangkat laptop mereka, Surface Pro X.

Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah diumumkan Microsoft sejak setahun yang lalu. Dengan adanya fitur Eye Contact tersebut, kalian tidak perlu terus-terusan memfokuskan pandangan pada kamera laptop yang tentunya sangat melelahkan apalagi jika harus dilakukan selama berjam-jam.

Baca juga: iPhone Bakal Gunakan Kamera Periskop di Tahun 2022?

Foto: The Verge

Fitur Eye Contact akan memastikan mata kalian untuk melakukan kontak mata dengan kamera depan, bahkan ketika kalian melihat ke bawah layar ataupun ketika lensa dimatikan. Saat nantinya fitur ini diaktifkan, koreksi kontak mata akan secara otomatis berjalan untuk aplikasi apapun yang menggunakan kamera depan seperti Zoom, Skype, atau Google Meet.

Namun, fitur canggih itu hanya berfungsi ketika perangkat Surface Pro X kalian dalam mode landscape ya.

Baca juga: Google Wajibkan Smartphone Android Memiliki Minimal RAM 2GB Mulai Akhir 2020


Foto: Microsoft


Dilansir dari Venture Beat, teknologi ini melibatkan kemampuan AI yang unik dari prosesor SQ1 berbasis ARM, sehingga memungkinkan fitur ini bekerja pada Surface X. Dengan begitu fitur ini tidak akan tersedia pada komputer Windows x86 biasa atau sejenisnya karena proses yang terjadi membutuhkan banyak daya daripada mesin biasanya.

Sejujurnya, Microsoft bukan satu-satunya perusahaan yang terjun pada bidang ini karena sebelumnya Apple telah membuat fitur Face Time Attention Correction yang hampir mirip beberapa waktu yang lalu. Dimana untuk versi awalnya sempat dihadirkan melalui iOS 13 beta yang diluncurkan tahun lalu, sebelum akhirnya ditarik kembali.

Rencananya fitur tersebut akan dihadirkan kembali oleh Apple dalam iOS 14 versi final yang akan dirilis sebelum akhir tahun ini.

Baca juga: Android 11 is a Cake!

(lm)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler