Vaksin Sputnik V Memiliki Kemanjuran 95 Persen, Kata Rusia

Super Intern . November 26, 2020
Sumber: Anadolu Agency


Teknologi.id - Pada hari Selasa, pemerintah Rusia mengumumkan bahwa vaksin Sputnik V memiliki keampuhan (efikasi) hingga 95 persen dalam menangkal virus Corona COVID-19 dan akan gratis untuk semua warga Rusia.

Institut Penelitian Gamaleya Moskow, yang bertindak di bawah kementerian kesehatan Rusia, mengatakan saat dirilis pasar internasional dapat membeli serum seharga $ 10 per dosis, dengan pasien membutuhkan dua serum.

Ini berarti Sputnik V “lebih murah daripada vaksin mRNA dengan tingkat kemanjuran yang sama,” kata lembaga tersebut, merujuk pada kandidat Pfizer / BioNTech dan Moderna.

Jika klaim itu benar, itu akan menempatkan kandidat vaksin Rusia pada posisi unik dibandingkan dengan vaksin menjanjikan lainnya. Baik kandidat Pfizer / BioNTech dan Moderna memiliki kemanjuran lebih dari 90 persen juga, tetapi mereka menggunakan formula mRNA baru yang harus disimpan dalam kondisi di bawah nol.

Baca juga : Cara Membuat Link Zoom Meeting di Laptop, Gampang Banget!

Vaksin AstraZeneca / Oxford ternyata memiliki efektivitas yang serupa, tetapi dapat disimpan dalam lemari es standar, yang mengurangi biaya. Sputnik V menggunakan teknik vektor virus yang sama, memungkinkannya disimpan dalam kondisi serupa, kata institut Rusia itu.

Pengumuman Rusia pada bulan Agustus bahwa mereka telah menemukan kandidat vaksin yang mengejutkan dan menggembirakan dunia, tetapi segera ditanggapi dengan kritik dan kekhawatiran atas transparansi.

Terlepas dari temuan hari Selasa, peneliti independen telah menyatakan keraguannya. 

Ian Jones, dari University of Reading, mengatakan bahwa “dosis Sputnik […] adalah dua kali lipat dari dosis penuh Oxford namun tampaknya tidak memiliki masalah penghambatan. Apa sebenarnya dosis ideal untuk vaksin vektor adenovirus ini, karena itu sedikit tidak pasti.”

(mm)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler