Foto: Sister.net
Teknologi.id- Tidak hanya pria, nyatanya Perempuan juga bisa mengambil bagian dalam dunia bisnis. Salah satu wanita yang telah berhasil menjadi pembisnis adalah Hanifa Ambadar. Dirinya berhasil memanfaatkan perkembagan teknologi media dan internet untuk membangun sebuah bisnis dalam bidang kecantikan. Berawal dari hobi, kini Female Daily Network menjadi salah satu Media yang patut diperhitungkan di Indonesia.
Berawal Dari Hobi Menulis
Ilustrasi hanifa. Foto: Bukanbocahbiasa.com
Teknologi.id - Sejak masih kecil, Hanifa pernah bermimpi untuk menjadi pemilik bisnis sendiri dengan kantor yang independen. Keinginan ini muncul karena melihat sang ayah yang saat itu mendirikan sebuah Firma Hukum. Namun seiring berjalannya waktu, mimpinya berubah menjadi keinginan untuk bekerja di perusahaan multinasional dengan jabatan yang prestisius.
Ketika Hanifa melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat, dirinya telah sering menulis mengenai kegiatan sehahri-harinya. Namun, Setelah menyelesaikan pendidikan di Southern Illinois University Carbondale Illinois dengan spesialisasi dalam bisnis dan pemasaran, serta meraih gelar S2 di Maryville University of St. Louis - John E. Simon School of Business, Amerika Serikat, Hani bekerja di sebuah perusahaan fashion terkemuka, GAP.
Selain itu, Hanifa yang memang menyukai produk perawatan kulit dan kecantikan sering kali dibombardir pertanyaan mengenai apa saja produk yang dia beli di Amerika. Karena saat itu, produk kecantikan dan perawatan kulit di Indonesia masihlah sangat terbatas. Informasi mengenai tips & trick kecantikan pun cukup sulit di peroleh.
Berangkat dari hal tersebut, Hanifa akhirnya memutuskan untuk membuat laman blog khusus yang berfokus membahas fashion and beauty. Meskipun menulis dilakukan sebagai hobi, perempuan kerap kali disapa Hani ini selalu serius dalam menjalani aktivitas blogging. Setiap minggunya, Hanifa bisa merilis satu hingga tiga konten baru selama dua tahun. Seiring berjalannya waktu, jumlah serta interaksi pembaca semakin bertambah.
Memutuskan Untuk Menekuni Hobi Sebagai Pekerjaan
Ilustrasi hanifa. Foto: Mldspot
Pada tahun 2007, Hanifa berkolaborasi dengan Affi Assegaf yang merupakan beauty blogger untuk menggarap blog secara lebih serius. Dengan alasan membangun blognya lebih profesional, karena dirinya yakin industri kecantikan di Indonesia akan segera berkembang. Inilah awal mula Female Daily Network mulai dibangun.
Baca Juga : Perjuangan Jonathan Sudharta Membangun Halodoc, Gagal Hingga 200 Kali
Hanifa mulai membeli domain dan menampilkan visual blog yang lebih profesional. Namun Hanifa tetap menggunaka gaya bahasa inggris yang santai sehingga lebih mudah untuk dibaca. Dirinya juga memperkaya tulisan dengan menambahkan berbagai konten visual menarik. Topik yang dibahas pun semakin meluas. Mulai dari produk kecantikan, dunia fashion, dan berbagai isu terkait perempuan.
Dilirik Agensi, Hanifa Mantap Kembangkan Female Daily Network
Ilustrasi hanifa. Foto: Mixmarcomm
Akhirnya blog dengan nama fashionesedaily.com itu mulai dilirik oleh agensi iklan. Dimana terdapat agensi yang tertarik untuk beriklan di web milik Hanifa. Kesempatan ini makin meyakinkan Hanifa untuk secara serius membangun blog sebagai sebuah bisnis yang dapat menghasilkan profit.
Ketika dia mengelola blog di Amerika Serikat, setidaknya ada tiga merek produk kecantikan yang beriklan setiap bulan. Keuntungan ini digunakan untuk lebih fokus dalam mengembangkan bisnis media tersebut ketika dia kembali ke Indonesia dan menyewa kantor pertama untuk Female Daily pada thun 2009.
Kantor pertama yang terletak di daerah Bangka Raya ini hanya cukup diisi oleh tiga orang. Terlebih ketika hujan, atap kantor sering rembes dan bocor. Namun kemampuan finansial perusahan yang masih minim membuat mereka terus berusaha. Hanifa juga sempat dibuat frustasi karena dirinya yang masih belum memiliki berbagai koneksi untuk membangun bisnis.
Nampaknya usaha keras Hanifa dalam membangun Female Daily telah memberikan hasil yang positif. Pada tahun 2011, bisnis ini mulai mendapatkan investasi dari seorang investor malaikat. Tiga tahun kemudian, Female Daily sekali lagi berhasil mendapatkan injeksi modal. Saat ini, jumlah anggota dalam komunitas Female Daily Network telah mencapai 50 juta individu, dengan pertambahan sekitar 4 juta pengguna unik setiap bulan.
Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News
(ras)
Tinggalkan Komentar