Enam Rahasia Elon Musk untuk Kesuksesan Berbisnis

Super Intern . January 08, 2021
Sumber: BBC News


Teknologi.id - Kekayaan bersih pengusaha Tesla dan SpaceX telah melampaui $ 185 miliar setelah kenaikan harga saham perusahaan mobil listrik.

Lantas, apa rahasia suksesnya? Beberapa tahun yang lalu jurnalis BBC News bernama Justin Rowlatt menghabiskan hampir satu jam untuk mendiskusikan hal ini dengan Elon Musk.

Jadi, inilah panduan Elon Musk, yaitu orang terkaya di dunia saat ini, untuk sukses dalam bisnis, yuk disimak.

Baca juga : Resmi! Elon Musk Jadi Orang Terkaya di Dunia

1. Bukan tentang uang

Sumber: Tesla


Ini sangat penting dalam sikap Elon Musk terhadap bisnis.

Ketika diwawancarai pada tahun 2014, Musk mengatakan tidak tahu seberapa kaya dirinya.

"Bukannya ada setumpuk uang tunai di suatu tempat," katanya. "Hanya saja saya memiliki sejumlah suara di Tesla, dan SpaceX, dan SolarCity, dan pasar memiliki nilai atas suara tersebut.".

Elon Musk tidak menentang pengejaran kekayaan "jika dilakukan dengan cara yang etis dan baik", tetapi hal itu bukan lah yang mendorongnya.

Dan seperti yang kita lihat sekarang, pendekatan tersebut tampaknya berhasil.

Tapi Elon Musk tidak berharap untuk mati kaya. Dia mengatakan kemungkinan sebagian besar uangnya akan dihabiskan untuk membangun pangkalan di Mars, dan tidak akan terkejut jika proyek tersebut akan menghabiskan seluruh kekayaannya.

Faktanya, seperti Bill Gates, dia mungkin akan menganggap di akhir hidupnya dengan miliaran di bank sebagai tanda kegagalan karena dia tidak menggunakan uang itu dengan baik.

2. Kejar yang kamu inginkan

Sumber: Quartz


Pangkalan Mars itu adalah petunjuk tentang apa yang diyakini Elon Musk sebagai kunci kesuksesan.

"Kamu ingin segalanya di masa depan menjadi lebih baik," katanya. "Anda menginginkan hal-hal baru menarik ini yang membuat hidup lebih baik.".

Contohnya SpaceX. Elon Musk mengatakan bahwa dirinya mendirikan perusahaan tersebut karena dia frustrasi dengan program luar angkasa AS tidak lebih ambisius.

"Saya terus mengharapkan kami untuk melampaui Bumi, dan menempatkan seseorang di Mars, dan memiliki basis di bulan, dan, Anda tahu, penerbangan yang sangat sering ke orbit," katanya.

Ketika itu tidak terjadi, dia mendapatkan ide untuk "Mars Oasis Mission", yang bertujuan mengirim rumah kaca kecil ke planet merah. Idenya adalah membuat orang bersemangat lagi tentang luar angkasa, dan membujuk pemerintah AS untuk meningkatkan anggaran NASA.

Saat Elon Musk mencoba untuk mewujudkannya, dia menyadari bahwa masalahnya bukanlah "kurangnya kemauan, melainkan kurangnya cara" karena teknologi ruang angkasa jauh lebih mahal daripada seharusnya.

Dan inilah hal yang penting, asal usulnya bukanlah tentang menghasilkan uang, tetapi mendaratkan seseorang di Mars.

Elon Musk mengatakan bahwa dia menganggap dirinya sebagai insinyur daripada investor, dan mengatakan apa yang membuatnya bangun di pagi hari adalah keinginan untuk menyelesaikan masalah teknis.

3. Jangan takut untuk berpikir besar

Sumber: GeekWire


Salah satu hal yang sangat mencolok tentang bisnis Elon Musk adalah betapa beraninya mereka.

Dia ingin merevolusi industri mobil, menjajah Mars, membangun kereta super cepat di terowongan vakum, mengintegrasikan AI ke dalam otak manusia, dan meningkatkan industri tenaga surya dan baterai.

Ada benang merah di sini. Semua proyeknya adalah jenis fantasi futuristik.

Yang membawa kita ke tip bisnis ketiga Elon Musk, yaitu jangan menahan diri dan berpikirlah lebih besar.

Baca juga : Apple Rilis AirPods Pro Edisi Terbatas

4. Bersiaplah untuk mengambil resiko

Sumber: Quartz


Elon Musk telah mengambil lebih banyak risiko daripada kebanyakan orang. Pada tahun 2002 ia telah menjual kepemilikannya dalam dua usaha pertamanya, Zip2 dan PayPal. Dia baru saja memasuki usia 30-an dan memiliki hampir $ 200 juta di bank.

Dia mengatakan rencananya adalah memasukkan setengah kekayaannya ke dalam bisnis dan menyimpan setengahnya lagi.

Elon Musk mengatakan dia pernah menghadapi pilihan yang sulit. Yaitu ketika tiga peluncuran pertama SpaceX gagal, dan Tesla memiliki segala macam masalah produksi, rantai pasokan, serta masalah desain.

Akibatnya krisis keuangan pun melanda.

"Saya bisa menyimpan uangnya, kemudian perusahaan pasti akan mati, atau menginvestasikan apa yang tersisa dan mungkin ada peluang."

Dia terus menuangkan uang yang dia punya.

Pada satu titik Elon Musk begitu terlilit hutang sehingga dia harus meminjam uang dari teman-temannya hanya untuk membayar biaya hidupnya.

Jadi, apakah kemungkinan bangkrut membuatnya takut? Dia bilang tidak.

5. Abaikan kritik

Sumber: Fortune


Yang benar-benar mengejutkan Elon Musk - dan terlihat jelas pada tahun 2014 dia masih sangat kecewa karenanya - adalah kegembiraan yang dilakukan oleh banyak pakar dan komentator atas kesalahannya.

Banyak orang mungkin ingin dia gagal karena ada semacam kesombongan tentang ambisinya. Elon Musk menjawab, "Saya pikir akan menjadi arogan jika kami mengatakan kami pasti akan melakukannya, sebagai lawan dari kami bercita-cita untuk melakukannya, dan kami akan memberikan yang terbaik.".

Hal ini membawa kita ke pelajaran Elon Musk berikutnya dalam kesuksesan bisnis, yaitu jangan dengarkan kritik.

Dia mengatakan bahwa dia tidak percaya SpaceX atau Tesla akan menghasilkan uang ketika dia mengaturnya, dan kenyataannya orang lain juga berpikir seperti itu.

Tapi dia mengabaikan orang-orang itu dan tetap melakukannya.

Mengapa? Ingat, Elon Musk adalah orang yang menilai kesuksesan berdasarkan masalah penting yang dia selesaikan, bukan berapa banyak uang yang telah dia hasilkan.

Elon Musk tidak khawatir terlihat bodoh karena taruhan finansial besarnya belum membuahkan hasil, yang dia pedulikan adalah mengejar ide-ide penting. Itu membuat pengambilan keputusan jauh lebih sederhana karena dia bisa tetap fokus pada apa yang dia yakini sangat penting.

Dan pasar sepertinya menyukai apa yang dia lakukan.

Pada bulan Oktober, bank investasi AS Morgan Stanley menilai SpaceX sebesar $ 100 miliar.

6. Nikmati dirimu sendiri

Sumber: ExtremeTech


Ikuti panduan ini dan, dengan sedikit keberuntungan, kalian akan menjadi sangat kaya dan terkenal juga. Kemudian kalian bisa mulai keluar dari cangkang masing-masing.

Elon Musk terkenal gila kerja, dia membanggakan bekerja 120 jam seminggu untuk menjaga produksi Tesla Model 3 sesuai dengan rencananya. Tetapi dia tampaknya menikmati dirinya sendiri.

Pada bulan September 2020, Elon Musk mengklaim Tesla akan memiliki mobil seharga $ 25.000 yang "menarik" dalam waktu tiga tahun, dan mengatakan segera semua mobil baru perusahaan akan sepenuhnya dapat mengemudi sendiri.

Dan tahun 2020 berakhir dengan ledakan nyata pada bulan Desember, ketika SpaceX menguji kendaraan peluncuran Starship-nya, yang diharapkan akan membawa manusia pertama ke Mars.

Roket raksasa itu meledak ketika jatuh enam menit setelah lepas landas.

Elon Musk memuji tes tersebut sebagai kesuksesan yang "luar biasa".

Jadi, walaupun dia kerja terus-menerus dan ada beberapa kegagalan, Elon Musk tetap menikmati pekerjaannya karena dia memang menyukai hal tersebut.

Baca juga : 5 Pengusaha Teknologi Indonesia Yang Berkuliah Di Harvard

(mm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler