Diakuisisi Induk Line, Wattpad Resmi Jadi Saudara Webtoon

Stefanie Tanaki . January 21, 2021

Foto: The Wrap


Teknologi.id - Perusahaan raksasa asal Korea Selatan, Naver, akan segera mengakuisisi platform berbagi cerita Wattpad. Hal ini diketahui setelah Dewan Direksi Wattpad mengumumkan bahwa mereka dengan suara bulat telah menyetujui perjanjian definitif untuk diakuisisi oleh Naver.

Naver dikabarkan akan mengakuisisi Wattpad senilai 600 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,4 triliun. Agaknya keputusan ini diambil Naver untuk memperkuat portal komik miliknya, Webtoon. 

Seperti yang diketahui, Naver merupakan perusahaan raksasa asal Korea Selatan yang dikenal sebagai pendiri aplikasi chat Line, serta pemilik portal komik Webtoon. Sedangkan, Wattpad merupakan platform berbagi cerita secara online. Platform ini dikhususkan bagi mereka yang suka untuk membaca atau menulis cerita panjang atau pun novel. Melalui Wattpad, pengguna dapat membaca novel-novel dari penulis di seluruh dunia. 

CEO dari Wattpad meyakini bahwa akuisisi ini memungkinkan Wattpad untuk terus mempercepat pertumbuhan dan kesuksesan internasionalnya. 

"Pada tahun 2021, ketika setiap bentuk hiburan sedang diubah, kami telah membangun sebuah platform yang dapat mendorong hit di layar dan toko buku, serta memberdayakan dan memberi penghargaan bagi generasi baru pembuat konten yang beragam di seluruh dunia," kata Allen Lau, CEO dan salah satu pendiri Wattpad, dikutip dari Deadline.com, pada hari Kamis (21/01). 
"Berita ini telah melanjutkan perjalana Wattpad dan membawa bisnis kita ke level selanjutnya. Kami sangat senang bergabung dengan tim yang luar biasa di Naver dan Webtoon untuk melanjutkan pertumbuhan kami dalam membantu banyak penulis untuk menghasilkan uang serta membawa suara baru ke layar dan toko buku di mana saja," lanjut Lau. 

Baca juga: Vtube, Aplikasi Bisnis Penipuan Berkedok Periklanan

Menurut Naver, akuisisi Wattpad juga memungkinkan perusahaannya memperkuat bisnis di Amerika Utara. Selain itu, Naver juga merasa Wattpad memiliki visi yang sama dengan Webtoon.

"Visi Wattpad untuk menghibur dan menghubungkan dunia melalui citra sangat cocok dengan visi kami untuk merek Webtoon dan Naver. Kami sangat senang mereka bergabung dengan keluarga Naver," kata Seong-Sook Han, CEO Naver, dikutip dari Deadline.com, pada hari Kamis (21/01).

Pada tahun 2020, Wattpad telah mencapai 90 juta orang per bulan. Sedangkan, pengguna aktif Webtoon telah mencapai 72 juta pengguna aktif per bulan. Dengan adanya akuisisi ini, Naver berharap Webtoon bisa memiliki jumlah pengguna aktif yang mencapai 160 juta. Selain itu, dengan adanya akuisisi ini, tidak menutup kemungkinan bahwa Naver akan mengonversi cerita fiksi yang ada di Wattpad menjadi cerita bentuk komik di Webtoon. 

Meskipun diakuisisi Naver, namun Wattpad akan tetap berkantor pusat di Kanada dan berada dibawah pimpinan Allen Lau dan Ivan Yuen. Proses akuisisi ini diharapkan akan selesai pada kuartal kedua 2021.

Baca juga: 10 Perusahaan yang Berkembang Pesat di Indonesia

(st)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler