Bisnis Cloud Computing Berkembang Setiap Tahunnya

Tenologi.id –  Mulai dikenal sejak tahun 2000-an bisnis Cloud Computing semakin berkembang. Itupun diakui oleh salah satu pegiat bisnis Cloud ini, Direktur PT Infinys System Indonesia, Louis Larry. Larry mengatakan jika bisnis tersebut akan semakin berkembang setiap tahunnya.

“Menurut saya growing, saya lihat banyak orang yang mending memilih Cloud daripada beli server sendiri. Ekosistemnya sudah banyak mendukung perkembangan Cloud, misal temennya (perusahaan lain) sudah menggunakan Cloud, jadi ikut-ikut pakai Cloud” ujar Larry.

Selain itu, menurut Larry perkembangan Cloud yang sangat besar ini tidak kurang dari langkah para penggagas teknologi yang lebih besar. Seperti halnya, saat ini Microsoft, Alphabet dan banyak perusahaan lainnya telah menekankan ke Cloud.

“Banyak perusahaan raksasa juga sudah mendukung Cloud. Jadi bisnisnya akan sangat cerah,” ujarnya.

Apalagi beberapa tahun terakhir disaat bisnis tersebut telah berkembang. Isu mengenai kerentanan keamanan dan privasi pun sempat menjadi momok bagi bisnis Cloud.

Banyak dari penggunanya mempertanyakan soal kebocoran data. Namun menurut Louis, saat ini isu tersebut tidak menjadi hal yang ditakuti lagi.

“Mungkin banyak yang bertanya atau mengira jika keamanan data di CLoud ada di-providernya. Kalau di Cloud base praktivis kita sebagai provider tidak punya” ujarnya.

“Ibaratnya kita menyediakan loker, kita kasih kunci dan konsumen yang pegang kuncinya. Keamanan di Cloud sudah tidak menjadi pertimbangan untuk sisi keamanannya” sambungnya.

Menurut Sales & Marketing Manager Infinys Indonesia, Bachtiar Rifai saat ini di perusahaanya juga tengah mempersiapkan sertifikasi ISO 207001 untuk tahun ini. Hal tersebut diperkenalkan untuk membuat para konsumen semakin percaya dalam hal keamanan data.

“Sertifikasi ISO 207001 sedang dalam proses pengajuan. Ini berlaku untuk semua produk yang kita punya dari data center, hardware, sehingga akses ter-manage dengan sangat rapih. Lulus sertifikasi tahun ini menjadi salah satu faktor keamanan lebih terjamin” ujar Rifai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *