E-commerce merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi untuk kita, perkembangan nya cukup membuat retail konvensional turut serta bergerak ke sektor digital. Perubahan perilaku masyarakat yang kini lebih memilih belanja tanpa perlu pergi ke luar pun didukung oleh perkembangan internet yang sangat pesat sehingga tingkat kepercayaan masyarakat meningkat. Tidak hanya di Indonesia, fenomena ini pun terjadi di seluruh dunia, bahkan kiblat perkembangan teknologi yaitu Silicon Valley sudah mendahului. Saat ini, Asia Tenggara dapat dikatakan sebagai pendatang baru namun pertumbuhannya fantastis.
Ketertarikan konsumen di pasar Asia Tenggara terlihat dari naiknya jumlah pencarian nama-nama e-commerce di Google Search hingga 2 kali lipat dalam 2 tahun. Selain itu, ada juga fenomena menarik sehubungan dengan pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Alibaba memberikan kucuran dana ke Lazada dan Tokopedia. Tidak hanya ke satu e-commerce saja namun dalam satu tahun memberikan dana ke dua pemain yang cukup memimpin di pasar Indonesia. Pergerakan agresif dari Alibaba ini, menunjukkan bahwa pertumbuhan pasar e-commerce di Asia Tenggara sangat menjanjikan.
Melihat sekilas dari pergerakan tersebut, maka artikel kali ini akan membahas tentang e-commerce khususnya Aplikasi belanja populer selama tahun 2017 di Asia Tenggara. Teknologi.id akan memaparkan tiga aplikasi belanja terpopuler di 4 negara yaitu Indonesia, Singapore, Thailand dan Vietnam.
Indonesia
Berdasarkan App Annie, perusahaan analisis aplikasi
mobile, Tokopedia memimpin dalam jumlah pengguna aktif kemudian diikuti oleh Shopee dan Bukalapak. Namun berdasarkan berbagai sumber statistik, Lazada masih memimpin dalam hal trafiknya di berbagai negara di Asia Tenggara. Pada Tahun 2017 ini, Shopee dengan agresif tumbuh pesat dengan menduduki posisi 2 di bukan hanya Indonesia tetapi negara Asia Tenggara lainnya.
Singapore
Berbeda dengan di Singapore, Lazada menduduki posisi ke tiga dibawah Carousell dan Qoo10. Ada yang unik dari Carousell, disini kamu dapat membeli barang barang baru atau
preloved (second) dengan harga yang lebih murah dari pasaran. Qoo10 yang merupakan perusahaan dibawah naungan Giosis Group, memimpin di posisi kedua.
Thailand
Lazada menjadi aplikasi paling populer di negara Gajah ini, diikuti dengan Shopee dan AliExpress. Sama dengan Indonesia, Shopee menjadi aplikasi populer di Thailand dan menduduki posisi kedua dan perusahaan online global dibawah naungan AlibabaGroup menduduki posisi ketiga.
Vietnam
Aplikasi belanja terpopuler yang menduduki negara ini adalah Lazada, sesuai dengan tujuannya yaitu menjadi tempat belanja online populer di Asia Tenggara lazada memang memimpin di beberapa negara di Asia Tenggara. Selanjutnya posisi kedua diduduki oleh Shopee dan disusul oleh Cho Tot.vn.
Berikut ulasan aplikasi belanja populer di beberapa negara di Asia Tenggara, bagaimana dengan kamu, apa aplikasi belanja favoritmu?
(yk)
Baca juga: Achmad Zaky: Bukalapak Resmi Sandang Status Unicorn
Tinggalkan Komentar