Jika Anda saat ini sedang mencari sebuah laptop yang nantinya akan digunakan untuk menunjang pekerjaan di kantor, berikut ada 5 tips penting yang sangat disarankan untuk disimak, sebelum memutuskan untuk membeli.
Pekerjaan kantoran yang saya maksudkan di sini adalah yang berhubungan dengan dokumen, tabel, presentasi dan berbagai aktivitas olah dokumen lainnya. Berikut poin-poinnya:
1. Jenis Prosesor
Satu komponen yang paling vital pada sebuah laptop adalah prosesor atau CPU. Unit tersebut akan menentukan performa laptop dalam menjalankan program-program.
Kalau Anda merupakan tipe orang yang memiliki sifat sabar dan tidak sering terburu-buru dalam mengerjakan suatu tugas, laptop dengan prosesor Intel Celeron sudah cukup bagus untuk Anda miliki, karena secara performa, Intel Celeron sudah cukup memadai saat dipakai untuk aktivitas komputasi yang berhubungan dengan dokumen.
Namun sebaliknya apabila Anda merupakan tipe orang yang menginginkan semua hal serba cepat, laptop dengan CPU Intel Pentium, Core i3 atau AMD Ryzen series lebih direkomendasikan, sebab kinerja laptop dengan prosesor tersebut cenderung lebih kencang.
2. Kapasitas RAM
RAM berfungsi untuk menyimpan data-data sementara yang akan membantu beban kerja prosesor. Nah, kalau Anda terbiasa melakukan pekerjaan dengan membuka banyak aplikasi sekaligus, disarankan untuk membeli laptop yang memiliki ukuran RAM minimal 4GB.
Sebenarnya kapasitas RAM 8GB lebih bagus, dan Anda direkomendasikan untuk memilih varian RAM 8GB jika budget tersedia.
Apabila Anda membeli laptop yang kapasitas RAM-nya kurang dari 4GB, maka besar kemungkinan laptop akan sering 'hang' saat menjalankan banyak program dalam waktu bersamaan, atau ketika membuka banyak tab sekaligus saat browsing.
3. Layar
Oleh karena pekerjaan kantor biasanya memakan waktu yang lumayan lama, untuk itu diperlukan kehati-hatian dalam memilih jenis layar laptop yang akan digunakan.
Sangat disarankan untuk memilih layar yang sudah mempunyai fitur Blue Light Shield dan Anti Glare. Blue Light Shield berfungsi untuk mengurangi radiasi sinar biru yang diketahui berbahaya bagi kesehatan mata.
Sementara Anti Glare berguna untuk meredam pantulan cahaya dari sekitar laptop diletakkan, sehingga layar lebih kelihatan bagus dan tidak membuat mata silau.
Sebagai informasi tambahan, rata-rata layar laptop yang dijual di pasaran saat ini sudah dibenamkan fitur Anti Glare, tapi masih sangat sedikit yang telah menyertakan fitur Blue Light Shield.
4. Kelengkapan Port dan Colokan
I/O atau port dan colokan sebuah laptop adalah hal penting lainnya yang perlu diperhatikan. Laptop dengan konektivitas yang lengkap akan memudahkan kita dalam menyambungkan laptop dengan perangkat lain.
Minimal sebuah laptop harus mempunyai 3 port USB. Kenapa tiga? Adalah karena nantinya Anda tidak perlu repot lagi membeli aksesoris tambahan untuk menyambungkan perangkat seperti Mouse, Printer, Flashdisk dan sebagainya.
Sementara di sisi konektivitas nirkabel, sebaiknya laptop harus sudah mempunyai Wifi + Bluetooth.
Sebagai catatan, banyak laptop yang ada di pasaran saat ini sudah tidak mempunyai colokan ethernet lagi. Nah, untuk hal satu ini, sebaiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah di kantor, port LAN dibutuhkan atau tidak?
5. Lihat Review Terlebih Dahulu
Jika keempat poin sebelumnya sudah ditentukan, langkah terakhir adalah melihat atau membaca review laptop yang sudah dipilih. Hal ini penting untuk mengetahui apakah semua fitur dan hal lainnya sudah cocok dan sesuai dengan yang diharapkan.
Lalu di mana melihat review satu tipe laptop? Anda bisa mengunjungi situs Review Laptop DotCo untuk membaca review laptop merek-merek populer di tanah air seperti Asus, Lenovo, Dell, Acer dan Hewlett-Packard. Atau alternatif lain adalah dengan menonton video di Youtube.
Membaca dan menonton video review laptop mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Membaca artikel review biasanya poin-poin yang disampaikan lebih lengkap, misalnya pada poin kelebihan dan kekurangan laptop tipe tertentu.
Kekurangannya adalah Anda tidak bisa melihat bentuk fisik laptop secara langsung.
Demikianlah 5 Tips memilih laptop untuk pekerjaan kantor seperti yang disampaikan di atas. Semoga tips-tips yang disampaikan tersebut dapat membantu Anda ketika merasa bingung saat ingin membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan.
Tinggalkan Komentar