California Kerja Sama dengan Apple dan Google Cegah COVID-19

Super Intern . December 08, 2020

Foto: The Financial Express

Teknologi.id - Gubernur California Gavin Newsom pada hari Senin (7/12/2020) mengatakan negara bagian telah bermitra dengan Apple dan Google pada sebuah aplikasi untuk memungkinkan orang menggunakan ponsel mereka untuk melacak potensi paparan COVID-19.

Sistem digital menggunakan sinyal Bluetooth dari ponsel untuk memperingatkan orang-orang jika mereka telah melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif mengidap virus corona. Proyek ini memanfaatkan dua sistem operasi paling populer di dunia, yaitu iOS Apple dan Android Google, untuk menjangkau miliaran orang.

Untuk menggunakan fitur tersebut, warga lokal dapat mengunduh aplikasi, yang disebut CA Notify, dari Google Play Store untuk ponsel Android mulai Kamis (10/12/2020). Pada perangkat iPhone, mereka dapat mengaktifkan peringatan di pengaturan telepon mereka.

Pengumuman Newsom menjadikan California negara bagian terbesar yang mengadopsi fitur tersebut, pertama kali diumumkan pada bulan April. Proyek ini adalah kolaborasi publik yang jarang terjadi antara dua rival teknologi, tetapi beberapa kritikus telah menyatakan kekhawatiran privasi atas potensi penyalahgunaan dan pengawasan massal.

Perusahaan itu mengatakan bahwa mereka bermaksud untuk mematikan alat tersebut setelah mereka tidak lagi diperlukan untuk melawan pandemi.

Langkah ini dilakukan ketika beberapa kabupaten terpadat di California telah dikunci ketika kasus COVID-19 melonjak dan pejabat kesehatan khawatir tentang kapasitas di rumah sakit. Negara bagian itu memiliki 1,3 juta kasus, dan virus tersebut telah membunuh lebih dari 19.800.


"California menghadapi salah satu tantangan terbesarnya dalam perang melawan COVID-19," cuit CEO Google Sundar Pichai di media sosial Twitter.

Baca juga: Google Temukan Celah Keamanan di iOS

Dalam tweet lainnya, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa pemberitahuan paparan virus akan membantu memperlambat penyebaran COVID-19 dan mengutamakan kesehatan tetangga dan orang-orang di sekitar kita.

(bal)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler