YouTube Mulai Uji Coba Fitur Mirip Aplikasi TikTok

Sutrisno Zulikifli . June 27, 2020

Ilustrasi (Foto: Techfly.co.uk)

Teknologi.id - Setelah mencontek fitur stories milik Instagram, kali ini YouTube menduplikasi aplikasi TikTok. Fitur ini masih dalam rangkaian uji coba.

Seperti TikTok, YouTube meluncurkan fitur 'create a video'. Bagi kamu yang kebagian dalam uji coba ini, bisa membuat video berdurasi 15 detik. Fitur itu cuma berlaku di aplikasi YouTube versi mobile.

BACA JUGA: Legenda YouTube Jenna Marbles Tinggalkan Channelnya

Pengguna bisa membuat video maksimal selama 15 detik secara utuh, atau bisa juga menggabungkan potongan-potongan klip yang nantinya akan disatukan dalam video, persis TikTok.

Jika menemukan fitur tersebut, akan muncul tombol rekam. Setelah itu, pengguna bisa langsung diunggah di YouTube. Tapi ingat, video itu cuma bisa diunggah jika telah tersimpan di galeri ponsel Anda.

"Kami akan selalu bereksperimen untuk membantu pengguna lebih mudah menemukan, menonton, membagikan, dan berinteraksi dengan banyak video yang penting bagi mereka," ujar perwakilan YouTube, dilansir Tech Crunch, pada Sabtu (27/6/2020).

Hanya saja, YouTube belum banyak menejelaskan uji coba ini di laman resminya, seperti apakah akan ada musik, filter, efek AR, tombol pengatur kecepatan video, dan sebagainya.

Kendati demikian, YouTube menegaskan bahwa video 15 detik yang mirip dengan TikTok ini nantinya tidak akan tayang di YouTube Stories.

BACA JUGA: Google Hapus Otomatis Riwiyat Pencarian dan Perjalanan Pengguna di Maps dan YouTube

Uji coba ini digulirkan ke sebagian kecil pengguna YouTube di Android dan iOS. Belum diketahui kapan fitur ini akan resmi dirilis.

"Ini adalah satah satu uji coba yang kami jalankan sepanjang waktu di YouTube dan kami akan merilis fitur-fitur ini ke lebih banyak pengguna berdasarkan respons uji coba ini," ungkap perwakilan YouTube.

(sz)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya