WhatsApp Hadirkan Fitur Polling, Seperti Apa?

Alfryan Irgie . November 17, 2022

Foto: Pexels/Anton

Teknologi.id - Setelah merilis fitur untuk mengirim chat ke nomor sendiri, kini WhatsApp menghadirkan sebuah fitur Polling di ruang percakapan pada hari Kamis, 17 November 2022.

Fitur jajak pendapat atau Polling ini dapat digunakan ketika berada di ruang obrolan grup yang diakses melalui menu lampiran. Melalui fitur Polling, pengguna dapat membuat sebuah daftar pilihan, kemudian anggota grup akan memilih salah satu dari opsi di daftar pilihan tersebut.

Hadirnya fitur Polling berguna untuk mengambil sebuah keputusan berdasarkan jumlah pemilihan opsi terbanyak ketika grup tersebut sedang ingin mengambil keputusan bersama. Atau jika kalian berada di sebuah grup pertemanan, kalian bisa membuat Polling untuk merencanakan kepergian dalam rangka rekreasi bersama di beberapa tanggal tertentu, kemudian melakukan Polling dan memilih tanggal yang tepat. 

Baca juga: WhatsApp Telah Hadirkan Fitur Chat ke Nomor Sendiri di Indonesia

Adanya fitur Polling juga memungkinkan untuk mempersingkat waktu dalam menentukan keputusan, selebih lagi jika suatu grup diisi oleh ratusan orang lebih. 

Foto: Kompas Tekno/Caroline Saskia Tanoto

Ketika fitur Polling usai, nantinya proses pengumpulan data akan terkumpul secara langsung dalam satu bubble chat saja. Alhasil, pengguna juga tidak perlu melakukan pengumpulan seluruh jawaban anggota grup secara manual lagi.

WhatsApp baru menghadirkan fitur Polling ini di Android versi 2.22.23.7 dan iOS versi 22.23.74 saja. Aplikasi besutan Meta ini juga menyediakan fitur Polling bagi para pengguna WhatsApp Web dan Desktop sekaligus. 

Membuat Polling di WhatsApp

Langkah untuk membuat Polling di ruang obrolan grup di WhatsApp sangat mudah untuk diikuti.

Pengguna harus pergi ke ruang obrolan grup, kemudian bisa menekan icon pin penjepit kertas (menu attachment) untuk memilih menu Poll. 

Kemudian, pengguna bisa mengetik poin-poin opsi yang ingin dibuat dalam daftar Poll. WhatsApp memberikan minimal 2 opsi dan maksimal 10 opsi dalam Poll. 

Lalu kirim Poll tersebut ke ruang obrolan, nantinya anggota lain dapat memilih opsi-opsi yang tersedia secara langsung. Dan bukan hanya satu opsi saja, anggota grup bisa sekaligus memilih satu opsi lebih. 

Pesan Poll yang terkirim di grup dapat diberi reaksi, di-reply dengan cara menggeser bubble chat ke kanan, dan pembuat Poll bisa memilih opsi di Poll tersebut. Satu hal yang tidak dapat dilakukan Poll ini ialah Forward atau diteruskan ke ruang obrolan lain di WhatsApp.

(ai)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar