WhatsApp Hadirkan 7 Fitur Baru, Tingkatkan Kualitas Pengalaman Pengguna

Della Azzahra Soepardiyanto . December 02, 2022
Foto: El Espectador



Teknologi.id - Bagi para pengguna setia aplikasi perpesanan instan WhatsApp pasti sudah tidak asing lagi dengan pembaharuan (update) dari aplikasi ini yang menghadirkan beberapa fitur baru.


Sejak diakuisisi oleh Meta (sebelumnya dikenal sebagai Facebook) pada tahun 2014 lalu hingga kini, whatsapp terus berupaya meningkatkan pengalaman penggunanya (user experience). Sehingga, tidak heran bila whatsapp telah menjadi salah satu media tercepat bagi penggunanya untuk tetap terhubung dengan orang-orang tercinta melalui obrolan dan panggilan audio atau video. 


Lantas, apa saja fitur-fitur baru WhatsApp tersebut? Berikut ini Teknologi.id rangkumkan 7 fitur terbaru WhatsApp untuk meningkatkan kualitas pengalaman penggunanya.


7 Fitur Baru WhatsApp Tingkatkan Kualitas Pengalaman Pengguna

  1. Mengirim Pesan Kepada Diri Sendiri


Sumber: 91mobiles.com


Kini kamu bisa mengirimkan pesan kepada dirimu sendiri melalui fitur “Message Yourself” yang dihadirkan WhatsApp. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan berupa tautan, media (foto dan video), stiker, dan masih banyak lagi. 


Fitur “Message Yourself” juga dapat kamu gunakan untuk membuat daftar pekerjaan yang harus kamu lakukan, daftar belanjaan, atau bahkan menyimpan fotomu untuk diunduh maupun diakses melalui WhatsApp Web. 


  1. Membuat Jajak Pendapat (Polling


Sumber: 91mobiles.com


WhatsApp menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membuat polling guna menentukan suatu pilihan, baik melalui obrolan pribadi atau grup. Pengguna dapat memberikan suara mereka dengan memilih satu atau lebih dari pilihan yang telah dibuat pada polling


Fitur ini dapat kamu gunakan ketika ada kebingungan dalam pengambilan keputusan, misalnya untuk menentukan tempat liburan mana yang akan dikunjungi bersama dengan sahabatmu saat liburan tahun baru nanti. 


Baca juga: Ini Dia Tanda-tanda Nomor WhatsApp Diblokir Orang Lain

  1. Memberikan Reaksi Cepat pada Pesan dan Status WhatsApp


     

Sumber: dokumen pribadi


Pernahkah kamu memberikan reaksi cepat untuk story Instagram teman kamu dengan menggunakan emoji? Jika pernah, kini kamu tidak hanya bisa melakukannya di Instagram, lho, karena WhatsApp telah menghadirkan fitur serupa yaitu “Quick Reaction”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk untuk memberikan reaksi pada status atau pesan tertentu menggunakan emoji. 


Untuk memberikan reaksi pada pesan chat, pengguna hanya perlu memilih emoji di sebelahnya. Sedangkan, untuk status, pengguna hanya perlu memilih tombol ‘balas’ atau menggeser dari bawah untuk memunculkan semua emoji. 


  1. Berbagi Tautan WhatsApp Call


     

Sumber: dokumen pribadi


WhatsApp menghadirkan fitur baru “WhatsApp call link” yang memungkinkan pengguna untuk membagikan tautan WhatsApp audio atau video call. Tautan ini dapat dibagikan kepada siapapun, dan tidak harus dikirim melalui WhatsApp asalkan penerima telah memiliki aplikasi WhatsApp di perangkat mereka. Selayaknya zoom atau Goggle Meet, penerima tautan dapat bergabung ke panggilan, sesuai dengan tanggal dan waktu yang telah ditentukan oleh pembuat tautan, hanya dengan mengetuk tautan tersebut. Sayangnya, fitur ini hanya dapat diakses melalui ponsel dan belum tersedia pada WhatsApp Web atau versi desktop. 


Begini cara membuat tautan WhatsApp call di ponselmu, buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu, kemudian buka bagian panggilan. Ketuk ‘Buat tautan panggilan’. Lalu, pilih jenis panggilan, suara atau video. Terakhir, ketuk ‘Bagikan Tautan’ atau ‘Salin Tautan’ dan bagikan dengan orang lain untuk bergabung. 


  1. Membatalkan Hapus Pesan


Jika kamu tidak sengaja menghapus pesan yang penting di WhatsApp, kamu tidak perlu khawatir. Kini WhatsApp menghadirkan fitur baru “undo delete for me” yang memungkinkan pengguna untuk mengembalikan pesan yang sudah dihapus tersebut.


       

Sumber: dokumen pribadi


Dengan menekan tombol “undo” yang muncul di layar, pesanmu yang terhapus tadi akan kembali muncul di riwayat obrolan. Sayangnya, fitur ini hanya dapat digunakan ketika memilih opsi “hapus untuk saya”, dan tidak dapat digunakan untuk opsi “hapus untuk semua orang”. 

Baca juga: Scrolling Text WhatsApp, Apa Itu dan Bagaimana Cara Membuatnya?

  1. Admin dapat Menghapus Pesan Orang Lain di Grup


Guna menjaga keteraturan dalam grup, WhatsApp menghadirkan fitur baru yang memungkinkan admin untuk menghapus pesan orang lain yang juga tergabung dalam grup. Admin dapat menghapus semua jenis pesan dan media, seperti stiker, gambar, tautan, video, dan lainnya. 


Hampir sama seperti fitur “hapus untuk semua” pada personal chat, untuk dapat menghapus pesan, admin hanya perlu memilih pesan dan mengetuk ikon ‘hapus’ lalu memilih pilihan “hapus untuk semua”. Setelah admin menghapus pesan yang bersangkutan, pesan tidak lagi dapat dilihat oleh setiap anggota grup. 


  1. Hanya Admin Grup yang Tahu ketika Anggota Keluar


Jika sebelumnya semua anggota grup bisa tahu saat ada anggota yang keluar atau meninggalkan grup, kini hanya admin yang tahu. Fitur “leave groups silently” ini dihadirkan whatsapp guna memproteksi privasi penggunanya. 


Meskipun demikian, kamu tidak benar-benar bisa meninggalkan grup tanpa jejak. Sebab, WhatsApp menyediakan menu baru, yaitu “View past Participants” yang memungkinkan anggota grup untuk mengetahui bahwa ada anggota lain yang telah meninggalkan grup. Menu ini akan menampilkan informasi terkait anggota grup yang keluar ataupun dikeluarkan dari grup dalam jangka waktu 60 hari terakhir. 

(das)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar