WhatsApp Bakal Larang Screenshot Untuk Foto dan Video Sekali Lihat

Aji Reza Mahendra . October 05, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id - Agustus 2021 lalu, WhatsApp mengambil improvisasi dari Snapchat lalu menambahkan fitur media sekali lihat di aplikasinya.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengirim foto atau video yang hanya dapat dilihat sekali kemudian tidak akan bisa lagi dibuka setelah dilihat.

Ini adalah hal yang praktis untuk dijadikan fitur, terutama saat berbagi foto pribadi atau sensitif.

Namun anak perusahaan Meta tersebut melakukan pengawasan besar dalam cara mengimplementasikan fitur lihat sekali tersebut.

Pengguna masih dapat  mengambil tangkapan layar dari fitur sekali lihat.

Baca juga: Situs Pengadilan Negeri Jakarta Diretas, Ulah Siapa?

Setahun kemudian, tepatnya pada Agustus 2022, Mark Zuckerberg mengumumkan pemblokiran tangkapan layar akan segera hadir di WhatsApp untuk fitur sekali lihat.

Foto: WABetaInfo

Dilansir dari Suara.com yang melansir Android Police (5/10/2022), fitur ini sekarang muncul untuk beberapa beta tester atau penguji beta.

Dilaporkan oleh WABetaInfo, WhatsApp telah merilis versi baru, media baik foto maupun video yang dikirim dengan fitur sekali lihat, tidak akan bisa ditangkap layar (screenshot).

Seperti di Google Pay dan aplikasi lain, ketika pengguna mencoba mengambil tangkapan layar pada media yang hanya bisa dilihat sekali.

Setelah pengguna mengambil tangkapan layar, akan ada pesan beruang yang mengatakan, "Tidak dapat mengambil tangkapan layar karena kebijakan keamanan.".

Baca juga: Xiaomi Redmi Pad Resmi Dirilis, Tablet Murah Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Sekalipun kamu menggunakan aplikasi atau ekstensi pihak ketiga untuk menangkap layar, batasan keamanan ini tidak akan berfungsi.

Tampilan tangkapan layar akan menjadi hitam penuh, sehingga pengguna tidak akan dapat merekam layar saat membuka foto atau video sekali lihat.

Berbeda dengan Snapchat, WhatsApp tidak akan memberi tahu pengirim media bahwa penerima mencoba mengambil tangkapan layar.

Foto: WABetaInfo

Meskipun WhatsApp sudah menguji langkah-langkah privasi baru untuk media sekali buka, perlu diingat bahwa penerima selalu dapat menggunakan telepon sekunder untuk menyimpan foto atau merekam video saat membuka pesan sekali lihat.

Saat ini, WhatsApp telah meluncurkan penampil media penghancur diri baru dengan pemblokiran tangkapan layar, untuk penguji Android terpilih yang menjalankan WhatsApp v2.22.22.3 atau yang lebih baru.

Pengujian beta yang lebih luas lagi akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang sebelum fitur ini diluncurkan ke publik.

(arm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar