Ilustrasi Youtube (Engage)
Teknologi.id - YouTube dan Facebook kini tengah menyusun rencana mencarikan pesaing aplikasi TikTok. YouTube dikabarkan tengah mengembangkan fitur bernama Shorts. Sedangkan Facebook mengembangkan aplikasi bernama Lasso.
Teruntuk Youtube, fitur Shorts itu nantinya akan terhubungan dengan aplikasi YouTube Mobile. Kabar tersebut pertama kali diumumkan oleh Jurnalis MSNBC, Dylan Byers. Melalui akun Twitter-nya, Byers mengaku mendapat konfirmasi langsung dari CEO YouTube, Susan Wojcicki.
Baca juga: Cara Akses YouTube Premium Gratis Selamanya!
“Videonya sungguh-sungguh singkat, kurang lebih 15 detik. Itu adalah durasi yang tentu menarik untuk dilihat,” kata Wojcicki. “Kami pasti akan terus berinovasi dalam semua ukuran format yang berbeda, termasuk format video singkat," lanjut Wojcicki,
Cara kerjanya mirip dengan TikTok. Pengguna Youtube nantinya bisa meng-upload video berdurasi yang telah disediakan, dengan menyambungkan musik yang dimilik YouTube Music. Musik itu yang akan dipakai pada video Shorts nantinya.
Dengan ketenaran YouTube yang mencapai 2 miliar pengguna aktif tiap bulannya, serta bekerja sama dengan sejumlah perusahaan musik ternama dan berlisensi, upaya ini tidaklah sulit bagi YouTube untuk menyaingi kedigdayaan TikTok.
Baca juga: Cara Membuka Facebook Lupa Kata Sandi, Bisa Tanpa Nomor HP dan Email!
Apalagi, sebelumnya YouTube juga telah mengeluarkan fitur Stories, yang serupa dimiliki Instagram dan WhatsApp.
Sementara itu, bagi Facebook, aplikasi Lasso sedang dalam masa uji coba. Dikutip dari The Information, aplikasi tersebut kini sedang dicoba di Brazil.
Diketahui, pada kuartal IV tahun 2019, TikTok menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh. Berdasarkan data dari Sensor Tower, TikTok hanya dikalahkan oleh WhatsApp dengan 250 juta unduhan, sedangkan TikTok menyusul dengan 220 juta unduhan. TiTok berhasil mengalahkan Instagram, Facebook, dan Youtube soal jumlah unggahan.
(sz)
Tinggalkan Komentar