Peneliti Ingin Riset Kesehatan Mental Pengguna TikTok

Fabian Pratama Kusumah . December 02, 2021

Foto: Qwords

Teknologi.idTikTok saat ini menjadi platform media sosial yang populer. Sayangnya, belum ada riset yang mengungkap tentang dampak TikTok terhadap kesehatan mental penggunanya.

Padahal TikTok sudah punya lebih dari 1 miliar pengguna. Para peneliti kesehatan masyarakat belum banyak tahu tentang dampak TikTok terhadap kesehatan mental penggunanya, yang kebanyakan adalah remaja dan anak muda.

Peneliti mengatakan penelitian harus dimulai karena data pada platform media sosial lain menunjukkan bahwa media sosial bisa berbahaya, terutama pada remaja.

Platformnya sangat besar, tetapi hampir tidak ada penyelidikan ilmiah tentangnya," kata Marco Zenone, peneliti kebijakan kesehatan di London School of Hygiene & Tropical Medicine.

Zenone mengatakan para peneliti harus segera mencari tahu apakah TikTok memiliki masalah serupa dengan platform lain, seperti merusak kesehatan mental beberapa gadis remaja.

Zenone pada awal bulan ini mengusulkan agenda penelitian bersama dengan sejumlah kolaborator.

Usulan tersebut menguraikan bidang yang perlu diselidiki oleh para ahli, termasuk cara penggunaan alkohol dan vaping yang disajikan di platform, saran medis termasuk terkait Covid-19 dan kebijakan moderasi.

Baca juga: Seberapa Berpengaruh TikTok Akan Kesehatan Mental Remaja?

"Saya pikir TikTok jadi terkenal dengan cepat, sementara penelitian belum bisa mengejar ketinggalan (dari laju TikTok yang masif),”

“TikTok kini punya 1 miliar pengguna, kami melihat penelitian di luar baru pada seputar Facebook, Instagram, dan platform terkait,”

“Hal ini mengkhawatirkan kami sebagai peneliti kesehatan," kata Zenone dilansir dari Liputan6.

Para peneliti juga mengaku khawatir mengenai apa yang mungkin terjadi ketika pengguna berbagi hal pribadi dan sensitif yang kemudian jadi viral.

(fpk)     

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar