Microsoft Teams Siap Salip Zoom dengan Fitur Barunya

Indah Mutia Ayudita . December 22, 2020

Foto: Microsoft

Teknologi.id - Platform komunikasi berbasis video Microsoft Teams baru saja ditingkatkan dengan fitur baru yang sebelumnya sudah tersedia di layanan saingan Zoom.

Lewat blog resmi Microsoft Teams, perusahaan tersebut memperkenalkan mode peredam bising yang dikendalikan AI yang sudah bisa digunakan pada perangkat Windows, dan akan segera hadir di perangkat seluler Android dan iOS.

Baca juga: Begini Cara Langganan Spotify Premium Pakai GoPay, Praktis!

Mode peredam bising ini dirancang untuk menghilangkan suara keras di sekitar pengguna, seperti suara anak-anak yang bermain, dan bekerja dengan menganalisis umpan audio individu dan kemudian menggunakan AI untuk hanya mempertahankan suara pengguna.

Teknologi semacam ini sudah ada di platform komunikasi Zoom, tetapi teknologi buatan Microsoft Teams terlihat lebih modern, dengan kemampuan memotong suara pada bagian latar yang keras seperti suara penyedot debu akan sangat berguna bagi banyak orang.

Untuk mengaktifkan peredam bising di Microsoft Teams, pertama-tama buka aplikasi Microsoft Teams di Windows, navigasikan ke Settings (Pengaturan), lalu pilih 'High' dari menu 'Noise suppression'. AI akan menganalisis umpan audio pengguna dan memotong suara yang tidak diinginkan atau bahkan mematikannya.

Teknologi ini bisa bekerja dengan sangat baik karena menggunakan pembelajaran mesin (machine learning) untuk mempelajari perbedaan antara suara ucapan yang harus didengar pihak lain dan kebisingan suara di belakang pengguna, yang diinformasikan dalam bentuk kumpulan data yang representatif.

Baca juga: 3 Aplikasi Deepfake yang Bisa Kamu Gunakan untuk Hiburan

Microsoft telah mengumpulkan 76 jam data ucapan bersih yang harus difokuskan dan 180 jam data bunyi gangguan yang harus diturunkan volumenya.

Ucapan yang bersih dibagi antara suara pria dan wanita dan juga dilakukan dalam lebih dari 10 bahasa, sementara data kebisingan dikumpulkan dari 150 jenis kebisingan yang berbeda dalam berbagai skenario.

(im)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler