Teknologi.id - TikTok tampaknya bukan satu-satunya platform digital yang ditiru oleh Meta, perusahaan induk Facebook. Pemilik Facebook dan Instagram ini diam-diam menguji coba platform live streaming yang mirip dengan Twitch, yang disebut Super. Demikian seperti dilansir dari Business Insider.
Mengutip dari Mashable, sejauh ini tidak lebih dari 100 konten kreator telah menguji platform live streaming Super sebagai bagian dari uji coba. Menurut sebuah sumber, beberapa influencer dibayar $3.000 untuk menguji platform live streaming Super selama 30 menit.
Dalam sebuah pernyataan kepada Business Insider, juru bicara Meta mengatakan Super adalah produk yang sepenuhnya terpisah dan bukan merupakan bagian dari platform Facebook atau Instagram.
Saat ini, Super masih dalam tahap pengujian awal. Tidak jelas kapan platform live streaming seperti Twitch ini akan dirilis. Namun, para konten kreator dapat mendaftar dengan alamat email dan meminta akses awal ke platform.
Sekadar informasi, situs web Super kini bersifat publik dan dapat diakses siapa saja. Situsnya adalah http://super.events. Catatan untuk situs web, layanan ini milik "by NPE Team from Meta." Selain footer, tidak ada penyebutan Meta di situs web Super.
Baca juga : Canggih! Kini Bisa Lihat Organ Dalam Melalui Stiker
NPE sendiri mengacu pada New Product Experimentation, sebuah tim pengembang dari Meta yang bekerja untuk meluncurkan aplikasi baru atau produk baru.
Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya keberadaan Super tercium jejaknya. Namun, platform live streaming tersebut berbeda dengan apa yang dijelaskan dalam laporan terbaru Bloomberg tahun 2020. Saat itu, Bloomberg menyebut Super sebagai tool dari Meta yang terinspirasi dari Cameo.
Super kemudian disebut sebagai tool yang memungkinkan panggilan bergaya FaceTime antara selebriti dan penggemar mereka. Beberapa fitur yang disebutkan sebelumnya di Super masih ada, seperti kemampuan untuk berfoto selfie dengan kreator.
Tapi platform ini bukan hanya platform live dengan para idola, tapi juga menjadi pesaing fitur live streaming Twitch. Disebut-sebut Super akan memungkinkan konten kreator untuk memonetisasi streaming mereka, dan ini mirip dengan cara kerja Twitch. Penonton nantinya dapat membayar fitur tambahan, langganan berjenjang, dan hingga donasi ke konten kreator favorit mereka. Sementara konten kreator seharusnya bisa mendapatkan 100% dari penghasilan mereka, tidak ada potongan yang tersedia saat ini.
Baca juga: Sudah Masuk Indonesia, Begini Cara Bikin Avatar di Instagram!
Ada juga platform promosi di mana brand dapat membayar untuk mengintegrasikan pemasaran mereka ke dalam streaming live super milik konten kreator.
Selain itu, layout video sudah ada di dalam produk, sehingga konten kreator tidak perlu memahami desain teknis atau desain grafis untuk dapat menyiapkan live streaming. Ada juga modul trivia dan giveaway, sehingga konten kreator dapat memasukkan aktivitas ini ke dalam streaming.
Karena merupakan produk mandiri, tidak ada integrasi antara Super dan produk Meta lainnya seperti Facebook dan Instagram. Pengguna dapat mengklik "Login" di situs web Super dan hanya akan memiliki satu-satunya pilihan untuk "Masuk dengan Google".
Dalam FAQ situs tersebut, satu-satunya platform lain yang disebutkan adalah TikTok. Di mana, pengguna dapat menyiarkan stream Super mereka ke TikTok Live.
(aka)
Tinggalkan Komentar