Laut Nusantara, Aplikasi Penambah Kesejahteraan Nelayan!

Hanannisa Fitrianindita . January 26, 2019
.Laut Nusantara, Aplikasi Penambah Kesejahteraan Nelayan!Teknologi.id - Laut Nusantara adalah sebuah aplikasi berbasis Android yang dibangun oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bagi masyarakat Indonesia, terutama para nelayan di seluruh penjuru Nusantara. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Dengan 70% bagian perairan dari NKRI, tidak aneh jika banyak sebagian masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan. Namun, saat kondisi laut sedang tak menentu menjadi tantangan tersendiri untuk profesi ini.

Baca juga : Apa yang Akan Terjadi Jika Lautan Menghilang?

Melihat potensi dan kebutuhan teknologi informasi pada sektor tersebut, Balai Riset dan Observasi Laut (BROL), Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan menggandeng XL Axiata untuk berkolaborasi dan meluncurkan aplikasi Android yang membantu peningkatan produktivitas dan keamanan kerja nelayan Indonesia. Melalui aplikasi ini, pengguna aplikasi Laut Nusantara akan bisa mendapatkan informasi mengenai sebaran ikan nasional, sebaran ikan pelabuhan, dan sebaran ikan berdasarkan jenisnya. Selain itu, juga tersaji informasi mengenai potensi dan isu kelautan lainnya seperti terumbu karang, pelestarian biota laut, hingga ancaman pencemaran. Secara keseluruhan Aplikasi Laut Nusantara mempunyai nilai manfaat yang lebih luas dibanding aplikasi-aplikasi sejenis. Fitur Aplikasi Laut Nusantara sangat update dan akurat. Ini karena data-datanya didapat langsung dari Balai Riset dan Observasi Laut pada Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui jalur khusus atau Kelahiran aplikasi ini memang tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh instansi Balai Riset dan Observasi Laut pada Kementrian Kelautan.

Baca juga: Hendri Gunakan Qlue Untuk Meminjam Mobil Pemkot Demi Acara Nikahan

Semua informasi kelautan yang terdapat dalam aplikasi ini didapat secara langsung dari stasiun bumi Balai Riset dan Observasi Laut. Sehingga, tidak perlu diragukan lagi keakuratannya. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play ataupun app store yang tersedia di smartphone-mu! (HF)
author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya