Kini Video Berkualitas 4K Khusus untuk Pengguna YouTube Premium

Lusita Amelia . October 05, 2022

foto: fonearea.com

Teknologi.id - Bagi kalian pera pengguna gadget dan sosial media, pasti sudah tidak asing lagi dengan platfrom YouTube. Platform yang menampilkan beragam jenis video ini menjadi tempat bagi para content creator untuk menunjukkan kemampuannya. Para penonton pun dibuat senang dan puas dengan isi dan tampilan-tampilan video yang ada di YouTube. Ditambah lagi, kalian dapat mengatur kualitas video yang ingin digunakan, mulai dari 144p hingga 4k. Namun, sepertinya baru-baru ini pihak YouTube sudah menghapus opsi kualitas 4k untuk pengguna YouTube biasa. 

Belakangan ini YouTube menghebohkan para pengguna platformnya dengan menambahkan 1 fitur 12 iklan secara non-stop untuk para pengguna YouTube gratis (nonpremium). Iklan ini muncul di setiap video yang ditonton tanpa bisa dihentikan (skip ads). Banyak para pengguna yang protes karena tidak nyaman dalam menikmati tontontan yang dilihat. Kemudian, dikutip dari cuitan seseorang bernama Alvin dengan akun Twitter @sondesix, dirinya memperlihatkan bahwa sudah tidak ada opsi kualitas 4k lagi untuk para pengguna YouTube gratis. 

Hilangnya kualitas 4k dari opsi YouTube ini membuat banyak kecewa para pengguna karena sudah tidak bisa lagi menikmati video secara gratis dengan kualitas yang baik. Para pengguna menyayangkan pelayanan YouTube yang semula dianggap sebagai tempat seluruh hiburan, sekarang harus dibatasi penggunaannya. Hal ini lantaran tidak semua ingin meng-upgrade YouTube mereka menjadi premium dengan berbagai alasan. 

Kini, para pengguna YouTube gratis (nonpremium) hanya dapat menonton video dalam resolusi 1440p. Sejauh ini juga dilaporkan bahwa tampilan video 4K untuk pelanggan premium tampaknya masih dalam pengujian. Hal ini lantaran masih ada kemungkinan Google mengukur dan mempertimbangkan feedback sebelum diluncurkan ke semua pengguna.

Meskipun ini bukan masalah terbesar pada perangkat seluler atau laptop, para pengguna yang menggunakan televisi 4K besar pasti akan melihat dan merasakan perbedaannya saat menonton video. Untuk memanfaatkan layanan YouTube Premium, kalian harus mengeluarkan dana sebesar 11,99 dolar AS per bulan atau setara dengan Rp 182,277,98. Tentunya harga ini bukanlah harga yang murah ditambah lagi dengan platform-platform lain yang juga membutuhkan langganan premium untuk mengakses fitur tanpa iklan. 

Baca juga: Hebat! Sekelompok Mahasiswa ITB ini Ciptakan Aplikasi Basmi Begal!

3 Alasan Resolusi Video 4K Diminati Pengguna

1. Tampilan yang lebih detail 

Teknologi resolusi hingga 4K mampu bereproduksi yang paling rumit rincian dalam mode kontras terasa lebih tinggi, dibandingkan dengan 1080 P. Hal ini dianggap keuntungan terbesar dari video 4K standar.

Kalian dapat melihat render rambut atau bulu, serta gambar lain yang berisi detail yang sangat halus yang dapat mengakibatkan masalah-masalah seperti moire atau sedikit kabur dalam format selain ultra definisi tinggi.

2. Melihat tampilan lebih jernih dan dekat

Berkat peningkatan besar resolusi yang 4K telah dibandingkan dengan 1080 P, itu memungkinkan pengguna untuk diposisikan jauh lebih dekat ke layar besar sambil menikmati gambaran yang lebih jelas.

Kalian bisa menonton dua kali sebagai dekat dengan kualitas 4K dibandingkan dengan kualitas standar tanpa bisa melihat pixelation yang terjadi dengan berbagai definisi lebih rendah.

3. Penuturnan scalling video

Untuk mendapatkan hasil kualitas video yang baik, rekaman akan perlu diskalakan turun untuk resolusi lebih rendah. Dalam kasus 4K, salah satu mungkin ingin downscale ke resolusi 2K. Tes telah menunjukkan bahwa ketika membandingkan kualitas video akhir 4K video yang telah downscaled untuk 2K, gambar ini terasa lebih rinci daripada yang bisa dihasilkan dari awalnya membuat rekaman dalam 2K.

Itulah beberapa alasan mengapa video berkualitas 4K sangat diminati dan juga sering digunakan oleh para pengguna. Pengguna dapat merasakan pengalaman yang berbeda dari biasanya karena tampilan video yang lebih jelas dan rinci dapat mereka lihat. Untuk mendapatkan hasil kualitas video 4K dengan jernih, kalian harus pastikan memiliki koneksi internet yang lancar dan stabil. Selain itu, gadget atau smartphone kalian pun harus sudah HD atau Ultra HD agar tampilan 4K menjadi semakin lebih baik.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk upgrade ke YouTube Premium untuk tetap merasakan video berkualitas tinggi?

Baca juga: Teknologi "Pembangkit Kematian" Garapan Startup Dimodali CIA, Begini Cara Kerjanya

(LA)





author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar