Instagram Uji Fitur Paid Subscriptions untuk Para Content Creator

Muhammad Iqbal Mawardi . January 20, 2022

Foto: Instagram

Teknologi.id – Pengguna Instagram akan segera dapat berlangganan pada para content creator dan pemberi pengaruh untuk mengakses konten dan fitur eksklusif. 

Dalam posting blog, Instagram mengatakan akan meluncurkan uji langganan hari ini di AS, dengan lebih banyak pembuat yang ditambahkan dalam beberapa minggu mendatang.

Penggemar akan membayar biaya bulanan untuk mengakses konten khusus pelanggan dari pembuat konten yang mereka ikuti, seperti Lives dan Stories eksklusif. 

Subscriber juga akan mendapatkan lencana ungu dengan nama pengguna mereka yang menandakan status mereka kepada pembuatnya. 

Rate harga yang disajikan akan berkisar dari $0,99 hingga $99,99 per bulan, dan pembuat konten dapat memilih titik harga untuk langganan mereka. 

Baca juga: Instagram Ubah Fitur Story Digeser Keatas, Tidak Lagi Kesamping

Co-head produk Ashley Yuki mengatakan kepada TechCrunch bahwa Instagram tidak akan memotong pendapatan berlangganan pembuat konten sampai setidaknya 2023.

Sepuluh content creator adalah bagian dari tes awal, termasuk atlit basket Sedona Prince, Olympian Jordan Chiles, dan astrologer Aliza Kelly.

“Saya bersemangat untuk terus membangun alat bagi pembuat konten untuk mencari nafkah dengan melakukan pekerjaan kreatif dan segera menempatkan alat ini di tangan lebih banyak pembuat konten,” Mark Zuckerberg, CEO Meta, yang memiliki Instagram, menulis dalam sebuah posting Facebook. 

Facebook juga memiliki versi sendiri dari program berlangganan untuk pembuat konten. Dalam sebuah video hari ini, kepala Instagram Adam Mosseri mengatakan berlangganan adalah salah satu cara terbaik bagi influencer dan pembuat konten untuk memiliki pendapatan yang dapat diprediksi. 

Beberapa pembuat konten telah memonetisasi fitur Instagram seperti Close Friend dengan membebankan biaya kepada penggemar di luar platform untuk akses ke Stories. 

Instagram dan Facebook bukan satu-satunya perusahaan yang meluncurkan model berlangganan untuk bersaing dengan platform seperti TikTok; pada tahun 2021, Twitter memperkenalkan Super Follows, dan beberapa pembuat konten menawarkan konten pelanggan tambahan di luar platform di Patreon atau Substack.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar