Instagram Akui Kegagalan IGTV dan Akan Menghilangkannya?

Muhammad Iqbal Mawardi . October 07, 2021


Foto: Wallpaper Flare

Teknologi.id – Instagram akhirnya mengakui bahwa IGTV, inovasi terbesar pertama Instagram dalam sebuah video panjang, tidak berhasil.

Hari ini, perusahaan mengubah citra IGTV menjadi "TV Instagram" dan menyingkirkan format video IGTV eksklusif.

Video yang diposting ke feed Instagram utama sekarang dapat berjalan hingga 60 menit. Ini merupakan durasi yang sebelumnya disediakan untuk video IGTV. Kita tidak perlu lagi keluar dari aplikasi utama untuk melihatnya.

Seorang juru bicara Instagram mengatakan aplikasi IGTV, sekarang disebut aplikasi Instagram TV, akan tetap menjadi tujuan bagi orang-orang untuk mengunjungi dengan tujuan menonton video.

IGTV pertama kali diperkenalkan pada Juni 2018 dan pada dasarnya dimaksudkan untuk menjadi platform seluler yang setara dengan YouTube, menciptakan ruang untuk menemukan dan menonton video yang lebih panjang.

Tetapi format yang lebih panjang tidak pernah berhasil. Dan hanya dua bulan kemudian, sebuah aplikasi bernama TikTok diluncurkan di AS.

Baca juga: Facebook Luncurkan Fitur yang Sama dengan Instagram

Foto: Instagram

Instagram sejak itu memfokuskan kembali upaya videonya untuk menyaingi TikTok dengan format video pendeknya yakni Reels.

Reels diluncurkan pada Agustus 2020, dan Instagram telah secara agresif mendorongnya, memberi mereka tempat sentral dalam navigasi aplikasi, mulai menjual iklan, dan memposting silang ke Umpan Berita Facebook.

Namun, Reels masih memiliki satu kelemahan utama, ia tidak menawarkan cara yang konsisten bagi pembuat konten untuk mendapatkan pembayaran, seperti yang dilakukan YouTube dan TikTok.

Facebook berencana untuk membayar $1 miliar kepada pembuat konten pada akhir tahun 2022. Sebagian dari uang itu telah diberikan kepada pembuat Reels, tetapi ini bukan sistem khusus bagi pembuat video untuk mendapatkan bayaran.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler