Foto: Unsplash

Teknologi.id – Instagram sedang gencar-gencarnya menghadirkan inovasi baru guna meningkatkan privasi dan keamanan penggunanya yang masih di bawah umur. Langkah tersebut dilaukan salah satunya dengan membuat akun milik pengguna remaja menjadi privat secara otomatis.

Sekarang, pengguna yang membuat akun Instagram baru akan secara otomatis diatur menjadi privat jika usia mereka berada di bawah 16 tahun atau 18 tahun di negara tertentu. Namun, para remaja masih tetap diberi opsi untuk memilih akun publik, termasuk saat mendaftar akun baru.

Sebelum ini, pengguna yang membuat akun Instagram baru boleh memilih antara akun publik atau privat. Namun, Instagram menyebut bahwa hasil riset yang mereka lakukan menemukan delapan dari 10 anak muda memilih opsi privat saat mendaftar akun baru. Akhirnya, opsi ini dibuat menjadi default untuk pengguna berusia 16 tahun ke bawah.

Untuk pengguna di bawah umur namun saat ini sudah memiliki akun Instagram akan menerima notifikasi yang mengajak mereka untuk beralih ke akun privat, lengkap dengan panduan langkah dan manfaatnya.

Baca juga: Cara Hide Akun Instagram Agar Tak Bisa Dilihat Orang lain

Rupanya, langkah Instagram ini mengikuti langkah yang sudah dilakukan TikTok pada awal tahun ini dengan mengatur akun milik pengguna berusia 13-15 tahun menjadi privat untuk menjaga keamanan mereka saat di internet.

Instagram juga membatasi interaksi untuk pengguna di bawah umur dengan akun orang dewasa yang mencurigakan. Instagram mengatakan bahwa sistemnya dapat mengidentifikasi perilaku mencurigakan dari akun, misalnya jika akun tersebut pernah dilaporkan atau diblokir oleh pengguna di bawah umur.

Nantinya pengguna yang mencurigakan ini akan dipisahkan dari pengguna di bawah umur. Konten mereka tidak akan ditampilkan di Explore, Reels atau halaman Accounts Suggested for You, serta tidak bisa melihat komentar atau meninggalkan komentar di akun pengguna berusia 16 tahun ke bawah.

Facebook sebagai induk Instagram juga mengenalkan sistem baru tentang bagaimana pengiklan bisa menargetkan iklan untuk pengguna yang berusia di bawah 18 tahun.

Sebelumnya, semua pengguna dapat melihat iklan yang sesuai dengan ketertarikan dan aktivitas mereka. Namun sekarang, pengiklan di Facebook, Instagram dan Messenger hanya dapat menargetkan iklan untuk pengguna di bawah umur sesuai dengan umur, gender dan lokasi.

Instagram untuk anak-anak di bawah 13 tahun rupanya masih dikembangkan dan pihak Instagram telah berkonsultasi dengan pakar pengembangan anak dan penggiat privasi untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan anak muda.

(MIM)


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar