India Blokir TikTok dan 58 Aplikasi Lain Asal China, Kenapa?

Alda Yuriska . June 30, 2020

Foto: biodata360

Teknologi.id -  Usai dikabarkan terlibat konflik akibat tewasnya 20 tentara India dalam bentrokan dengan tentara China di perbatasan Himalaya atau tepatnya di wilayah Ladakh, perbatasan antara China dan India, kini pemerintah India dipastikan memblokir puluhan aplikasi asal China dinegaranya.

Terpantau terdapat total 59 aplikasi yang diblokir oleh pemerintah India saat ini yang bahkan turut menyeret aplikasi populer TikTok buatan Bytedance, WeChat dari Tencent. dan juga game Mobile Legends. Menurut kementerian teknologi India, mereka menyebut aplikasi itu dinilai telah menimbulkan kekhawatiran dari serta berpotensi mengancam keamanan data negara. 

Baca Juga: Benarkah iPhone 12 Akan Dijual Tanpa Charger dan Earphone?

"Tim Tanggap Darurat telah menerima banyak pernyataan dari warga mengenai keamanan data dan pelanggaran privasi yang berdampak pada ketertiban umum," tulis Kementerian Teknologi Informasi India melalui keterangan tertulis.

Akibat dari pemblokiran ini pastinya akan menjadi kabar buruk bagi TikTok. Pasalnya, India sendiri terpantau merupakan salah satu pasar dengan jumlah pengguna TikTok yang besar yang diperkirakan pada akhir 2019 lalu, ada sebanyak 200 juta pengguna aktif TikTok setiap bulan di India.

Baca Juga: NASA Ciptakan Kalung Pintar Guna Kurangi Resiko Penularan Covid-19

Selain itu, aplikasi messaging WeChat juga lumayan banyak digunakan dengan 100 juta kali download di India. Terkait dengan pemblokiran ini, Google dan Apple diminta untuk segara menghapus seluruh aplikasi yang dilarang dari toko aplikasi masing-masing.

Menanggapi perintah tersebut, Google mengaku masih menunggu permintaan dari pemerintah langsung untuk memblokir aplikasi tersebut dari tokonya, sedangkan Apple hingga saat ini belum memberikan pernyataan apapun mengenai pemblokiran ini.

(ay)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya