
Foto: iTkoding & Gemini
Teknologi.id - Instagram kembali menghadirkan fitur baru yang menawarkan kendali lebih besar bagi pengguna dalam menentukan jenis konten yang muncul di linimasa Reels. Fitur ini diberi nama “Your Algorithm”, sebuah alat pengaturan untuk memberi kontrol pada pengguna untuk menyetel algoritma yang memungkinkan pengguna memilih topik apa yang ingin mereka lihat lebih banyak maupun lebih sedikit pada konten Reels. Setelah diuji coba sejak Oktober lalu dan sempat viral dalam jagat maya fitur ini akhirnya digulirkan secara lebih luas, termasuk untuk pengguna di Indonesia yang menggunakan bahasa Inggris.
Meta selaku induk Instagram menyebut fitur ini sebagai langkah besar untuk memberikan pengalaman yang lebih terkontrol kepada pengguna. Dalam unggahan di Threads, Chief Product Officer, Chris Cox, menjelaskan bahwa “Your Algorithm” akan diluncurkan segera untuk semua pengguna berbahasa Inggris untuk memberikan pengalaman yang terkontrol pada pengguna untuk menyesuaikan konten Reels sesuai minat mereka. Sebelumnya, fitur ini hanya sempat dinikmati segelintir pengguna iOS saat masa pengujian.
Cara Kerja Fitur Your Algorithm
Foto: Istimewa
Bagi pengguna yang sudah kebagian fitur ini, ikon berbentuk dua hati di bagian kanan atas halaman Reels akan muncul sebagai pintu masuk ke pengaturan algoritma. Saat ikon tersebut diketuk, pengguna akan disuguhkan laman berisi dua kolom utama yaitu
- “What you want to see more of”, topik yang ingin ditonton lebih banyak.
- “What you want to see less of”, topik yang ingin dikurangi kemunculannya.
Masing-masing kolom menampilkan daftar kata kunci rekomendasi yang dihasilkan otomatis oleh sistem Instagram, berdasarkan aktivitas pengguna. Misalnya, pengguna yang sering menonton konten teknologi atau smartphone akan melihat kata kunci serupa dalam daftar utama.Melalui tombol “Add”, pengguna bisa menambahkan kata kunci baru secara manual. Misalnya, pengguna dapat menambahkan kata kunci seperti “tutorial”, “entertainment”, atau “concerts”. Setelah kata kunci baru ditambahkan, Instagram juga menyertakan informasi tambahan, seperti waktu penambahan keyword tersebut.
Jika perubahan sudah disimpan, Reels segera menampilkan konten yang relevan. Menariknya, setiap Reels yang muncul akan diberi label khusus yang menunjukkan kategori algoritma hasil pengaturan pengguna. Ini memastikan bahwa rekomendasi konten di linimasa Reels adalah pilihan dari pengguna sendiri.
Namun ada batasannya, kata kunci yang dibuat otomatis oleh sistem tidak dapat dihapus, hanya dapat ditambah atau dikurangi melalui preferensi manual.
Baca juga: Instagram Rilis Fitur Repost Stories Tanpa Follow & Tanpa Di-Tag!
Memberikan Kontrol Lebih, Mengurangi Dominasi AI
Fitur “Your Algorithm” memberikan pendekatan baru yang lebih kolaboratif antara sistem otomatis dan preferensi manual pengguna.Meta menyebut fitur ini sebagai langkah untuk memastikan rekomendasi tidak sepenuhnya ditentukan oleh AI, tetapi juga oleh pemilik akun yang mengetahui minat mereka secara lebih spesifik. “Kami telah melakukan banyak pekerjaan di balik layar dan akan terus menyempurnakan fitur ini. Akan tetapi, fitur ini sudah cukup ampuh untuk mengarahkan rekomendasi Anda sesuai dengan minat spesifik Anda,” jelas Chris Cox.
Cara Mengakses Fitur Your Algorithm
Untuk pengguna yang ingin mencoba, berikut langkah-langkahnya:
- Buka aplikasi Instagram dan tap ikon Reels.
- Ketuk ikon algoritma dua hati di pojok kanan atas.
- Laman “Your Algorithm” akan muncul dengan dua kolom pengaturan.
- Tambahkan kata kunci baru melalui tombol “Add” di masing-masing kolom.
- Untuk mengurangi kemunculan konten tertentu, tambahkan kata kunci tersebut ke kolom “What you want to see less of”.
- Setelah selesai, Instagram otomatis menyajikan Reels sesuai preferensi baru Anda.
Setiap kata kunci yang ditambahkan secara manual akan muncul dengan ikon pensil, sebagai penanda bahwa pengguna-lah yang melakukan penyesuaian tersebut.
Baca juga: 10 Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak di Dunia, Indonesia Tempati Peringkat 4
Potensi Risiko bagi Meta
Meski memberikan manfaat besar bagi pengguna, fitur ini juga membawa tantangan baru bagi Meta. Dengan banyaknya pengguna yang mengurangi topik tertentu dan membatasi variasi konten, potensi keterlibatan bisa menurun. Namun bagi pengguna, risiko tersebut justru menjadi keuntungan karena mereka akhirnya dapat menyesuaikan linimasa sesuai kenyamanan, minat, dan kebutuhan pribadi.
Kehadiran fitur “Your Algorithm” menjadi tanda bahwa Instagram semakin terbuka untuk memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna dalam menentukan alur pengalaman mereka.Dengan pengaturan yang mudah, fleksibel, dan transparan, pengguna kini dapat menyesuaikan konten Reels agar lebih relevan
Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.
(IR/ZA)

Tinggalkan Komentar