Fitur Smart Download YouTube di Android, Seperti Apakah Itu?

Muhammad Iqbal Mawardi . January 18, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id – Jika kita menggunakan musik YouTube, kita akan mengetahui fitur Unduhan Cerdas yang dimasukkan ke dalam aplikasi. 

Ini pada dasarnya adalah fitur yang mengunduh beberapa lagu secara offline setiap kali kita terhubung ke Wi-Fi untuk menghemat data seluler saat kita bepergian. 

Aplikasi YouTube di Android sedang menguji sesuatu yang serupa di sisi video. Unduhan Cerdas di aplikasi YouTube akan secara otomatis mengunduh banyak video setiap minggu berdasarkan algoritma untuk video yang direkomendasikan.

Seperti dilansir 9to5Google, beberapa pengguna di Eropa telah menerima permintaan di ponsel Android mereka untuk mencoba fitur Unduhan Cerdas yang baru. 

Foto: XDA-Developers

Setelah kita mendaftarkan diri untuk mencobanya, aplikasi YouTube akan mengunduh kumpulan 20 video setiap minggu setiap kali kita terhubung ke jaringan Wi-Fi. 

Video akan dikurasi untuk kita berdasarkan algoritma yang mungkin berfungsi dengan menganalisis riwayat tontonan kita dan genre konten yang kita konsumsi di YouTube. 

Baca juga: “Baby Shark”, Video YouTube Pertama yang Ditonton 10 Miliar Kali

Video yang diunduh akan ditambahkan ke daftar putar offline kita dengan video lain yang mungkin telah kita unduh secara manual di aplikasi.

Meskipun fitur ini mungkin terdengar tidak perlu bagi banyak orang, fitur ini dapat membantu mereka yang memiliki data seluler terbatas dan ingin menggunakan konten saat bepergian atau untuk seseorang yang tidak memiliki akses reguler ke koneksi internet. 

Foto: XDA-Developers

Tangkapan layar juga menyebutkan bahwa pengguna dengan penyimpanan terbatas pada perangkat mereka akan diberi tahu sebelum unduhan apa pun dilakukan sehingga tindakan yang relevan dapat diambil untuk memberi ruang. Fitur ini saat ini hanya didukung pada versi terbaru Android, yakni Android 12.

Unduhan Cerdas saat ini hanya tersedia untuk dicoba oleh beberapa orang dan hanya di wilayah tertentu. Ini juga hanya tersedia untuk pelanggan YouTube Premium dan pengguna yang menerima permintaan dapat mendaftar untuk mencoba fitur tersebut hingga 14 Februari. 

Jika kita adalah salah satu yang terpilih, kita akan melihat spanduk saat membuka aplikasi YouTube atau kita dapat mencoba menuju ke Pengaturan > Coba fitur baru untuk melihat apakah kita dapat menemukan opsi di sana.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar