Fitur 'Sekolah' Kelas Pintar, Untuk Kalian yang Rindu Suasana Ruang Kelas

indahmutiayudt . May 19, 2020

Fitur Sekolah milik Kelas Pintar yang membantu proses belajar mengajar selama di rumah. Foto: YouTube/Kelas Pintar

Teknologi.id - Sejak diberlakukan kebijakan untuk melakukan kegiatan belajar-mengajar dari rumah, tentunya para siswa merasakan rindu suasana belajar di dalam kelas.

Baru-baru ini, Kelas Pintar meluncurkan fitur baru yang diberi nama 'Sekolah' untuk mengobati rasa kangen tersebut.

Fitur 'Sekolah' ini dibuat dengan pertimbangan efektivitas belajar secara online dan sejauh apa para siswa dapat menangkap pelajaran.

Baca juga: 8 Platform Digital yang Digemari Pendaftar Program Kartu Prakerja, Mayoritas Belajar Bahasa Inggris

"Selama kegiatan belajar diwajibkan online, pasti menggunakan Zoom, WhatsApp, atau aplikasi video call lainnya. Padahal kita bisa pakai teknologi lain seperti email atau telepon." Jelas Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar dalam video conference pada Senin (18/5/2020) lalu.

Fitur ini bisa digunakan sampai dengan ratusan orang, tergantung berapa jumlah anggota kelas. Jam mata pelajaran dan jam istirahat juga dapat diatur seperti pada saat sekolah di hari biasa.

Dedy Ariansyah, Head of Product and Technology Kelas Pintar menjelaskan lagi secara detail hal-hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan fitur 'Sekolah'.

Baca juga: Ruangguru Tayangkan Sekolah Online di RTV, Catat Jadwalnya

Pertama, ada Kelas dimana guru bisa memberikan penjelasan melalui rekaman video atau live. Interaksi antara murid dan guru juga dapat dilakukan melalui papan tulis virtual untuk menggambarkan hal-hal yang butuh penjelasan visual.

Ada juga PR dan Project, dimana para siswa dapa mengunggah file tugas yang sudah dikerjakan. Guru juga bisa melaksanakan ujian atau ulangan di sini. Para siswa tidak akan bisa mencontek karena ada batasan tab yang bisa ditentukan guru untuk masing-masing siswa.

Tersedia pula kolom chat agar Kelas tidak sepi.

Sampai saat ini, fitur Sekolah baru bisa diakses melalui Desktop, namun versi mobile-nya akan segera tersedia untuk Android dan iOS.

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar